Bagaimana Tuhan Menuntun Umat-Nya

Kata Alkitab / 22 November 2005

Kalangan Sendiri

Bagaimana Tuhan Menuntun Umat-Nya

Admin Spiritual Official Writer
6716

Pertama dan yang paling utama dari tuntutan Tuhan untuk manusia adalah Alkitab. Yesus sendiri mengatakan dalam Yohanes 3:5, Jawab Yesus: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika seorang tidak dilahirkan dari air dan Roh, ia tidak dapat masuk ke dalam Kerajaan Allah.

Alkitab adalah buku petunjuk tentang iman dan prakteknya dalam hidup kita. Jika kita tahu dan mengerti ayat-ayat Firman Tuhan, kita akan menjadi baik dalam langkah kita untuk memegang tuntunanNya. Tuhan tidak pernah menuntun umatNya bertentangan dengan prinsip yang ada dalam kitab suciNya.

Kedua, tuntunan datang dari pengetahuan tentang Tuhan sendiri. Kita perlu tahu apa yang berkenan pada Tuhan dan apa yang tidak berkenan padaNya. Tidak ada pengganti dari berjalan dengan Tuhan, berbagi denganNya dan berbicara padaNya setiap hari. 1 Korintus 2:4 mengatakan : Tetapi manusia duniawi tidak menerima apa yang berasal dari Roh Allah, karena hal itu baginya adalah suatu kebodohan; dan ia tidak dapat memahaminya, sebab hal itu hanya dapat dinilai secara rohani.

Ketika anda melakukan hal itu anda akan mengalami tuntutan dan arahan Tuhan. Anda akan mengetahui apa hasrat Tuhan. 2 Tawarikh 7:14 mengatakan : "dan umat-Ku, yang atasnya nama-Ku disebut, merendahkan diri, berdoa dan mencari wajah-Ku, lalu berbalik dari jalan-jalannya yang jahat, maka Aku akan mendengar dari sorga dan mengampuni dosa mereka, serta memulihkan negeri mereka.". Sedangkan Yakobus 4:10 mengatakan : "Rendahkanlah dirimu di hadapan Tuhan, dan Ia akan meninggikan kamu." Hubungan-hubungan seperti ini terbangun dari satu periode waktu yang panjang, bukan secara instan. Melalui penggunaan yang terus menerus, perasaan anda menjadi tajam dan sehingga anda akan tahu mana yang baik dan mana yang jahat. "Ganjaran kerendahan hati dan takut akan TUHAN adalah kekayaan, kehormatan dan kehidupan." (Amsal 22:4)

Kunci ketiga untuk tuntunan Tuhan adalah menemukan apa yang ditulis dalam kitab Amsal dimana kita membaca dalam Amsal 3:5-6: "Percayalah kepada TUHAN dengan segenap hatimu, dan janganlah bersandar kepada pengertianmu sendiri. Akuilah Dia dalam segala lakumu, maka Ia akan meluruskan jalanmu.. Namun Tuhan akan memberikan kisah anugerah lebih lagi dengan. Inilah mengapa Alkitab menuliskan dalam Yakobus 4:6 : "Tetapi kasih karunia, yang dianugerahkan-Nya kepada kita, lebih besar dari pada itu. Karena itu Ia katakan: "Allah menentang orang yang congkak, tetapi mengasihani orang yang rendah hati." . Ini artinya anda bukan hanya boleh mengetahui tentang Tuhan, namun untuk mempercayai Dia seutuhnya. Setiap aspek kehidupan merefleksikan kedaulatan Tuhan dalam hidupmu.

"Dalam setiap langkahmu mengenal Tuhan" berarti dalam pekerjaan anda, dalam keluarga, dalam kehidupan pribadi, dalam cara berpikir, dalam rekreasi, dalam segala yang anda lakukan anda mengakui kedaulatan Tuhan mengendalikan hidup anda. Jika anda berpikir mengetahui semua jawaban, jika anda mempunyai semua gambaran jawaban maka anda akan bersandar dengan pengertian sendiri. Tapi jika anda mempercayai Tuhan, mengakui Dia dalam langkah hidup dan tidak bersandar pada rasa percaya diri yang besar dan pengalaman masa lalu maka Tuhan akan menuntun hidup anda.

Anda harus punya pengetahuan Firman, pengetahuan secara pribadi tentang Allah, dan pemahaman bahwa anda hidup setiap hari dengan setelan atau frekuensinya Tuhan dan mengharapkan tuntunanNya. Akhirnya untuk memiliki tuntunanNya, anda harus dipenuhi dengan Roh Tuhan. Alkitab mengatakan : "Semua orang, yang dipimpin Roh Allah, adalah anak Allah" (Roma 8:14) dan Matius 5:3 menulis : "Berbahagialah orang yang miskin di hadapan Allah, karena merekalah yang empunya Kerajaan Sorga." (Matius 5:3)

Yesus mengatakan bahwa Roh Tuhan atau Roh Kudus akan membimbing kita masuk dalam segala kebenaran. Mazmur 59:12 : Karena dosa mulut mereka adalah perkataan bibirnya, biarlah mereka tertangkap dalam kecongkakannya. Oleh karena sumpah serapah dan dusta yang mereka ceritakan." Sedangkan Amsal 8:13 menulis : "Takut akan TUHAN ialah membenci kejahatan; aku benci kepada kesombongan, kecongkakan, tingkah laku yang jahat, dan mulut penuh tipu muslihat." Sedangkan Amsal 16:18 berbunyi : "Kecongkakan mendahului kehancuran, dan tinggi hati mendahului kejatuhan."

Amsal 29:23 mengatakan : "Keangkuhan merendahkan orang, tetapi orang yang rendah hati, menerima pujian." Dalam kitab Kisah Para Rasul ada rekaman kejadian dimana Roh Tuhan menuntun secara pribadi. Dia mengatakan untuk melakukan sesuatu atau jangan melakukan sesuatu. Roh Tuhan memberikan pewahyuan dan Dia juga masih melakukan semuanya hingga kini. Roh Tuhan menuntun dengan memberi pengertian terhadap ayat-ayat yang spesifik yang tiba-tiba datang dalam hidup anda. Dia menuntun dengan membawa seseorang kehadapan anda dan telah Tuhan rencanakan untuk anda layani dan nasehati. Tuhan menuntun melalui berbagai keadaan, namun anda harus diisi dahulu dengan Roh Tuhan.

Ada banyak cara dimana Tuhan dapat menuntun anda. Jika hati anda dan kehidupan anda terfokus pada Tuhan, FirmanNya, Roh Tuhan, dapat dijamin bahwa Tuhan akan mengarahkan langkah anda.

Sumber : Sumber: cbn
Halaman :
1

Ikuti Kami