Makan Malam Waktu Bagi Keluarga

Makan Malam Waktu Bagi Keluarga

Fifi Official Writer
4383
Saya senang mengumumkan bahwa selama beberapa tahun terakhir, semakin banyak keluarga yang memiliki niat untuk membuat acara makan malam bersama keluarganya. Inilah tujuh alasan mengapa makan malam bersama keluarga menjadi satu kegiatan yang amat bermanfaat :

1. Anak-anak yang hidup dalam keluarga yang melakukan makan malam bersama biasanya lebih sedikit terlibat dalam perilaku beresiko. Berdasarkan pada 2000 studi yang telah dilakukan oleh National Center on Addiction and Substance Abuse (lembaga Nasional Pusat Kecanduan dan Penyalahgunaan Obat) di Universitas Colombia AS, anak-anak yang tidak melakukan makan malam dengan keluarganya 61% lebih cenderung terlibat pemakaian alcohol, rokok atau pemakaian obat terlarang. Kontrasnya, anak-anak yang melakukan makan malam dengan keluarganya setiap malam sepanjang minggu 20% lebih sedikit terlibat dalam mabuk-mabukan, rokok, atau memakai obat-obatan terlarang.

2. Keluarga yang makan malam bersama biasanya lebih punya hubungan yang kuat dan lebih bahagia. Kala keluarga berjuang menemukan sejumlah kuantitas dan kualitas dari waktu kebersamaan mereka, keluarga yang makan malam bersama secara otomatis menyediakan kesempatan bagi keduanya, baik kualitas maupun kuantitas. Ketika keluarga keluar bersama dan berkomunikasi, mereka bertumbuh semakin kuat dan sehat.

3. Keluarga yang makan malam bersama secara berkala membangun identitas keluarga yang lebih kuat. Makan bersama menciptakan terbangunnya identitas keluarga. Sebagai tambahan, rutinitas keluarga ini menyediakan satu perasaan stabilitas dan keamanan yang memberikan pada anak lingkungan positif dimana mereka dapat bertumbuh menjadi orang dewasa yang sehat.

4. Keluarga yang makan malam bersama biasanya dapat menjaga hubungan satu sama lain. Setiap orang - anak-anak dan orang tua - dapat menjaga hubungan dengan bertukar informasi terbaru selama acara makan malam keluarga dalam hal masalah sekolah, pekerjaan, kehidupan keluarga dan pertemanan.

5. Makan malam keluarga yang rutin menyediakan kesempatan alami untuk merencanakan sesuatu dan menyelesaikan masalah. Menjadwal waktu pertemuan keluarga secara khusus untuk mendiskusikan rencana, kebutuhan, dan menyelesaikan persoalan dapat menjadi hal yang sulit. Saat makan malam, keluarga dapat menemukan solusi alami untuk menghadapi berbagai tantangan tersebut.

6. Makan malam secara berkala membantu proses belajar. Ketika keluarga yang melakukan makan malam bersama terlibat dalam berbagai topic pembicaraan, terjadi dukungan terhadap proses belajar. Anak-anak yang terekpos dengan diskusi keluarga yang rutin akan belajar memahami perbendahaan kalimat yang lebih luas.

7. Anak-anak biasanya menerima nutrisi yang lebih baik ketika makan malam secara rutin dengan keluarganya. Sederhana sekali, namun ini merupakan kebenaran yang sesungguhnya dalam penerapan sehari-hari : ketika anak-anak makan malam dengan keluarganya, mereka makan dengan lebih baik. Waktu makan malam keluarga artinya anak-anak cenderung memakan makanan yang secara nutrisi lebih seimbang, lebih rendah kadar gula dan lemaknya, dibanding jika mereka menyiapkan atau membeli makanannya sendiri.
Halaman :
1

Ikuti Kami