Makna Valentine

Makna Valentine

Fifi Official Writer
5389
Februari identik dengan Valenine's day atau hari kasih sayang. Apa sih arti Valentine? Ternyata kata "Valentine" diambil dari nama seorang pastur Katholik yang hidup di kerajaan Roma pada abad ke-3. Pada saat itu, Kaisar Claudius II yang bertindak sebagai raja, mengeluarkan peraturan yang melarang orang muda untuk menikah. Peraturan itu dikeluarkan karena raja menginginkan setiap pria muda untuk mengabdi sebagai prajurit sehingga lebih baik single dan tidak boleh memiliki istri.

Valentine sangat terganggu dengan peraturan yang menurutnya sangat tidak adil tersebut. Walaupun tahu tentang konsekuensinya, diam-diam ia menikahkan para pasangan muda yang saling mencintai. Lama-kelamaan, perbuatan pastur Valentine diketahui oleh Kaisar dan ia dimasukkan ke dalam penjara untuk kemudian dihukum mati. Dalam penjara, Valentine sendiri jatuh cinta pada seorang gadis yang adalah putri sipir penjara yang kebetulan sering datang. Menjelang kematiannya, Valentine sempat menulis surat kepada si gadis, yang diakhiri dengan kalimat "From your Valentine". Sebuah kalimat yang hingga saat ini masih sering digunakan.

Kisah ini sebenarnya hanya ingin menekankan sosok Valentine yang sangat simpatik sekaligus romantis!

Kemudian pada tahun 498, Paus Gelasius menetapkan tanggal 14 Februari sebagai hari Valentine, untuk mengenang Pastur Valentine yang mati atas nama keadilan cinta. Pada abad ke-18, hari Valentine makin dikenal sebagai hari kasih sayang, dan kebiasaan tukar menukar kado-pun mulai diterapkan.Tahun 1840, dunia bisnis mulai terlibat dengan memboomingnya penjualan barang-barang "berbau" cinta setiap bulan Februari. Hingga kini, hari Valentine dianggap sebagai ‘perayaan' terbesar kedua setelah hari Natal. Kekuatan cinta memang tidak akan pernah bisa dibungkam.

Happy Valentine!

Ikuti Kami