Ketergantungan Internet

Ketergantungan Internet

Puji Astuti Official Writer
8169

JAWABAN.com - Lewat internet, informasi apa saja bisa kita cari. Hampir setengah dari pengguna internet di Amerika Serikat (AS) mengaku bergantung pada internet saat harus membuat keputusan penting dalam hidupnya. Semisal, mencari perguruan tinggi untuk anggota keluarga mereka atau mencari tempat tinggal baru untuk menetap.

Setidaknya begitu hasil studi yang dilakukan sebuah grup nirlaba, Pew Internet and American Life Project. Survei ini digelar bulan lalu dengan sampel 2.201 orang dewasa. Tema yang diangkat tentu saja mengenai peran internet dalam membuat sedikitnya satu dari delapan keputusan hidup.

Survei menunjukkan bahwa peran internet kian penting bagi kehidupan sehari-hari. Kurang lebih 45 persen pemakai internet, atau kira-kira 60 juta orang Amerika, mengatakan internet membantu mereka dalam membuat keputusan besar atau dalam menghadapi momen penting dalam hidup mereka selama dua tahun belakangan ini.

"Diperkirakan, ada 21 juta orang Amerika yang beralih ke internet untuk mencari karir lebih baik dan 17 juta orang memakai internet untuk memilih sekolah," papar Pew Internet.

Sementara itu, sekitar 16 juta orang Amerika memakai internet saat hendak membeli mobil atau membuat keputusan finansial atau investasi penting.

Survei juga mengungkap, Sekitar 10 juta orang Amerika mengaku memakai internet untuk mencari tempat tinggal baru; 8 juta orang memakai internet untuk mencari pekerjaan baru yang lebih baik; dan 7 juta orang mengaku memakai internet terkait kondisi kesehatan mereka.

"Tampaknya internet sudah menjadi media yang sangat menyenangkan bagi konsumen dalam hal membuat beberapa keputusan," kata Pew Internet, seperti dikutip dari Reuters.(joe)

Sumber : reuters
Halaman :
1

Ikuti Kami