Manusia Lahiriah vs Manusia Batiniah
Sumber: Blogspot.com

Kata Alkitab / 8 March 2014

Kalangan Sendiri

Manusia Lahiriah vs Manusia Batiniah

Lori Official Writer
84596

“Sebab itu kami tidak tawar hati, tetapi meskipun manusia lahiriah kami semakin merosot, namun manusia batiniah kami dibaharui dari sehari ke sehari” 2 Korintus 4: 16

Yang dimaksud dengan manusia batiniah adalah roh dan jiwa sedangkan manusia lahiriah seperti rambut, kulit, wajah, reputasi dan kebutuhan hidup. Manusia lahiriah akan merosot, menjadi tua dan sakit-sakitan. Tak ada manusia yang abadi, satu per satu pasti mati. Demikianlah manusia lahiriahnya akan dilupakan.

Namun tidak dengan manusia batiniah yang terdiri dari roh dan jiwa yang bersifat kekal. Kedua unsur ini jelas disebutkan dalam 2 Korintus 4: 16, akan mengalami pertumbuhan dan perkembangan dengan cara diperbaharui setiap hari. Pembaharuan ini menjadi persiapan terhadap kekekalan mendatang.

Tanpa disadari, manusia kadang kala terlena dan hanya terfokus pada manusia lahiriah. Manusia lebih memilih untuk memperbaharui fisik, uang dan prestise guna memenuhi manusia lahiriahnya. Berbeda dengan Paulus selama pelayananNya di dunia. Ia lebih mengutamakan manusia batiniahnya dibanding dengan kepentingan untuk memuaskan jasmaninya. Paulus menyadari betapa pentingnya manusia batiniah sehingga ia tidak tawar hati sebab ia mengalami pertumbuhan dalam hal kecintaan akan Kristus dan karakter yang semakin bertumbuh setiap waktu.

Contoh sederhana, manusia lebih memilih untuk menghabiskan sepanjang waktunya bekerja tanpa memberi waktu khusus untuk Tuhan. Hal ini membuat manusia menempatkan Tuhan diurutan yang bukan prioritas dalam hidupnya, dan terus mengejar materi yang hanya bersifat sementara.

Namun bagi Paulus segala yang kelihatan itu adalah fana, tetapi yang tidak kelihatan itu adalah kekal, itu sebabnya dalam nasihatnya Paulus berkata bahwa ia lebih memperhatikan apa yang tidak kelihatan (manusia batiniahnya) dibandingkan dengan manusia lahiriahnya (baca 2 Korintus 4:18).  

Dengan itu, kita patut mengingat bahwa suatu saat nanti kita akan menjadi tua, lemah dan kemudian mati, tetapi manusia batiniah itu kekal dan itulah yang akan bertemu dengan sang Pencipta ( 2 Kor 5: 10).


Baca Juga Artikel Lainnya:

Manusia Batiniah

Manusia Akhir Zaman

Pengajaran Yesus Tentang Tanda-Tanda Akhir Zaman

Kerja Adalah Kehormatan

Sumber : Berbagai Sumber/Jawaban.com/LS
Halaman :
1

Ikuti Kami