Tips Memilih Sekolah yang Tepat Untuk Anak

Parenting / 28 May 2014

Kalangan Sendiri

Tips Memilih Sekolah yang Tepat Untuk Anak

Budhi Marpaung Official Writer
3170

Memilih sekolah untuk anak sebenarnya gampang-gampang sulit. Dikatakan gampang karena kita tinggal menyeleksi dan memilih satu sekolah dari beberapa sekolah yang ada. Namun, dikatakan sulit karena bisa jadi sekolah pilihan kita tidak cocok untuk anak kita.

Seringkali pemilihan sekolah untuk buah hati menjadi dilema ayah-ibu. Di satu sisi, mereka ingin lokasi menimba ilmu pengetahuan anak mereka dekat dengan rumah. Akan tetapi di satu sisi, sekolah yang dekat dengan rumah belum tentu nyaman bagi anak kita.

Untuk menjawab hal itu, alangkah baiknya Anda membaca dahulu tips memilih sekolah yang tepat untuk anak di bawah ini:

1. Pilihlah sekolah sesuai psikologi pada umumnya anak-anak di usia anak Anda.

Jika anak masih berusia bawah lima tahun maka jangan taruh dia ke sekolah yang menitik beratkan pada hal-hal yang berkaitan studi, tetapi pada sekolah yang yang memberikan waktu bermain lebih banyak. Anak-anak balita pada umumnya senang bermain dengan teman-teman sebaya.

2. Dengarkan pengalaman kerabat, teman atau tetangga yang pernah menaruh anaknya belajar di sekolah yang ingin dipilih.

Sebelum memilihkan satu sekolah untuk anak ada baiknya mendengarkan pengalaman-pengalaman orang lain yang pernah menitipkan atau menaruh anaknya menimba ilmu di sana. Dapatkan informasi kelebihan dan kekurangan sekolah yang dimaksud.

3. Ajak anak ke sekolah yang ingin dipilih.

Ketika mengunjungi sekolah yang menjadi kandidat, ada baiknya Anda turut membawa anak ke sekolah yang dimaksud. Tujuannya adalah untuk melihat reaksi anak pertama kali saat berada di sekolah tersebut.

4. Lihat atau dengarkan respon anak.

Walaupun anak masih berusia di bawah lima tahun dan perlu bimbingan, namun dari raut wajah dan sikap yang ditunjukkan, Anda dapat mengetahui apakah anak nyaman dan bakal betah di sekolah itu atau tidak. Jika tidak betah, langsung cari sekolah yang lain.

5. Transportasi menuju sekolah

Jika masih di usia TK atau sekolah dasar, tidak masalah jika Anda menaruhkan anak ke sekolah yang dekat dengan rumah. Akan tetapi, bila ia sudah beranjak SMP dan SMA, maka berilah kebebasan ia memilih sekolah yang cocok dengan dia. Jika sekolah yang dipilih dia adalah agak jauh dari rumah, ketahui kemudahan transportasi menuju sekolah. Jika sulit, berikan masukan kepada anak bahwa sekolah yang ia pilih bakal menyulitkannya dan memberikan beban yang lebih besar kepadanya hari demi hari.

Itulah tips memilih sekolah yang tepat untuk anak. Semoga ini membantu Anda mempersiapkan jalan untuk anak merengkuh masa depan yang indah di depannya.

 

Baca juga: 

5 Tahun Gendong Cucu Sejauh 2 Km Demi Bisa ke Sekolah

Piala Dunia 2014: Profil Timnas Ekuador

Siapakah Mentor Anda?

Cara Mudah Melekatkan Hubungan Dengan Anak

Sovereign, Album Terbaru Michael W. Smith yang Penuh Resiko

Sumber : jawaban.com / bm
Halaman :
1

Ikuti Kami