Menghargai Pertemanan Masing-Masing Pasangan

Marriage / 11 August 2012

Kalangan Sendiri

Menghargai Pertemanan Masing-Masing Pasangan

Budhi Marpaung Official Writer
6551

Di dalam kehidupan pernikahan yang sehat, sahabat suami adalah istrinya dan begitu pun sebaliknya, sahabat istri adalah suaminya. Ini adalah hal yang tidak bisa tidak untuk dilakukan. Namun begitu, berinteraksi dengan orang-orang yang lainnya juga tetap diperlukan. Pasalnya sebelum bertemu dengan Anda bertemu dengan pasangan maupun pasangan Anda bertemu Anda, Anda berdua sudah menjalin hubungan pertemanan dengan teman-teman masing-masing terlebih dahulu. Oleh sebab itu, sangatlah wajar jika Anda atau pun pasangan Anda berkeinginan kuat menjalin komunikasi dengan teman-teman masing-masing.

Langkah bijak untuk menyikapi persoalan pertemanan ini adalah dengan Anda berdua saling menghargai pertemanan yang Anda berdua miliki. Pertanyaannya sekarang, sikap menghargai yang seperti apa yang perlu ditunjukkan ?

1. Berikan izin kepada pasangan apabila ia mau bertemu dan melakukan kegiatan bersama teman-temannya. Apabila pasangan Anda meminta izin kepada Anda untuk bertemu teman-temannya, jangan perlu pikir lama. Segeralah katakan ya. Meski begitu, tidak ada salahnya Anda memberikan ketentuan kapankah dia harus berada di rumah.

2. Bertanyalah apa yang pasangan akan/telah lakukan dengan teman-temannya, tanpa harus seperti menginterogasinya. Sebagai suami atau istri, Anda memang harus perlu tahu apa yang mau dilakukan oleh pasangan Anda. Namun, jangan karena hal ini Anda mengubah diri Anda langsung menjadi detektif atau polisi. Bertanyalah sewajarnya dan berhenti ketika pasangan Anda sudah memberikan jawabannya.

3. Ikutlah dengan pasangan saat ia mengajak Anda bertemu dengan teman-temannya. Terkadang seorang suami atau istri mau agar pasangannya mengetahui apa saja kah yang ia lakukan bersama dengan teman-temannya. Karena itulah, ia mengajak Anda saat ia hendak bertemu dengan pasangan Anda. Ketika ia melakukan ini, terimalah ajakannya.

Demikian tiga hal yang bisa Anda berdua lakukan untuk menunjukkan Anda berdua menghargai masing-masing pertemanan yang ada.

Sedikit catatan, memang ada kalanya perasaan cemburu akan muncul ketika pasangan bersenang-senang dengan teman-temannya (meski Anda ikut serta bertemu dengan teman-teman pasangan Anda). Akan tetapi, jangan biarkan itu terus menggerogoti hati Anda. Ungkapkan rasa Anda ini kepada pasangan Anda dan penulis yakin bahwa pasangan Anda akan memahami perasaan Anda tersebut.

Sebagai penutup, penulis ucapkan selamat mempraktikan hal ini di dalam kehidupan pernikahan Anda, Tuhan Yesus memberkati.

Baca juga : 

Berbelas Kasih

Forum JC : Dokumentasi Kopdar + Photo Hunting

Cornerstone - Hillsong

Soal Pernyataan Foke, Panwaslu Serahkan Rakyat yang Menilainya

Sumber : Jawaban.com / bm
Halaman :
1

Ikuti Kami