Bingung Menasehati Pasangan? Ini Caranya

Single / 19 June 2013

Kalangan Sendiri

Bingung Menasehati Pasangan? Ini Caranya

eva Official Writer
31817

Masalah bukanlah suatu hal yang jarang terjadi dalam setiap hubungan. Terlebih lagi bila hal itu sampai menimbulkan konflik kecil di dalam perjalanan hubungan seseorang sebab tidak ada manusia sempurna di dunia ini. Oleh karena itu, kita hendaknya harus siap menerima kekurangan dan kelebihan diri dan pasangan kita. Ketika kita menemukan kekurangan pasangan, bantulah dia untuk memperbaikinya dan bukan menghakiminya. Salah satu cara untuk memperbaikinya adalah dengan menyampaikan nasehat atau kritik yang bersifat membangun. Berikut ini, jawaban.com membagikan beberapa tips sederhana dalam memberi nasehat atau kritik yang baik dan positif kepada pasangan:

#  Perhatikan situasi dan kondisi. Jangan mengkritik pasangan saat sedang marah, capek, lapar, banyak masalah, ataupun dalam kondisi yang tidak memungkinkan seperti di tempat umum. Bijaklah selalu dalam melihat keadaan pasangan.

# Sebelum memberikan nasehat atau kritik, redakan dahulu kemarahan kita dan dengarkan pasangan Anda terlebih dahulu. Jangan lupa untuk menggunakan kata-kata sopan dan halus.

# Jangan gunakan kata ‘kamu harus’ tetapi gunakan ‘akan jauh lebih baik jika kamu’. Selama menasihati pasangan, jangan pernah untuk mendiktenya atau membuatnya seakan-akan seperti seorang ‘tertuduh’.

# Tunjukkan rasa empati dan kesensitifan ketika Anda menyampaikan nasehat/kritik. Jangan menjadi orang yang sinis dan menyindir.

# Bersikaplah terbuka dan jujur dalam memberi kritik atau nasehat namun tetap menggunakan intonasi yang rendah dan kata-kata yang membangun.

Sumber : berbagai sumber/Eva
Halaman :
1

Ikuti Kami