Merespon Positif Perceraian Orangtua

Single / 2 March 2013

Kalangan Sendiri

Merespon Positif Perceraian Orangtua

Budhi Marpaung Official Writer
4356

Saya pernah mendengar kata-kata seperti ini : "lingkungan keluarga yang kacau/bercerai pastinya anaknya kacau". Saya pribadi kurang begitu setuju dengan pernyataan tersebut karena disana menghilangkan unsur yang terdapat dalam manusia yakni respon.

Perlu diingat, manusia adalah makhluk hidup yang memiliki akal budi dan hati nurani. Ia mempunyai tenggapan terhadap segala sesuatu yang ia alami, dengar, lihat, bahkan rasakan. Dengan kata lain ia memiliki daya untuk menyimpan dan membuang apa yang ia pegang. Jadi, apabila ada seorang anak yang melihat orangtuanya bercerai, tidak otomatis selamanya ia akan menjadi seorang berkepribadian rapuh atau buruk.  

Berdasarkan apa yang saya lihat di sekitar, ada cukup banyak pria atau wanita muda dari keluarga broken home yang justru memiliki kepribadian yang baik. Ia menghormati wanita/pria sebagaimana mestinya. Ketika sudah memiliki pacar, ia tidak selingkuh dengan orang lain, dan masih banyak hal bagus lainnya.

Nilai yang bisa kita ambil dari contoh-contoh pria atau wanita muda broken home yang berkepribadian baik ini adalah mereka memberikan respon positif. Mereka tidak menjadikan diri mereka korban terus menerus. Mereka mencari Tuhan dan hidup dalam komunitas yang sehat. Mereka meyakini diri mereka adalah diri yang baru ketika menerima keselamatan. Tuhan lah yang kini memimpin hidup mereka, bukan kedagingan atau pun iblis.

Oleh sebab itu, apabila ada diantara Anda yang selama ini merespon secara negatif perceraian orangtua Anda, mulailah mengubah hal tersebut sekarang. Mari kenakan pikiran-pikiran baru yang berasal dari Allah. Bertobat dan datanglah pada-Nya setiap hari dalam doa-doa Anda. Isi hari-hari kehidupan dengan membaca Alkitab. Bergabunglah dalam komunitas rohani. Minta dukungan pembina rohani untuk membantu Anda menghadapi kenyataan bahwa orangtua Anda bercerai.

Saya percaya ketika Anda mengambil langkah-langkah positif ini, Anda akan menjadi pria atau wanita yang akan sangat mengasihi pasangan Anda. Bahkan, Anda akan terkaget-keget ketika pacar atau suami atau istri Anda kelak memuji-muji Anda karena kepribadian ilahi yang Anda miliki.

Baca juga :

Kuasa Doa di Tempat Kerja  

Cegah Flu Versi Baru Dengan 7 Tips Sederhana Ini

Dokumentasi Kopdar Perdana JCers 2013

Kisah Nyata Senna yang Ingin Sembuhkan Kanker Mamanya

Dunia Butuh Harapan

Sumber : Jawaban.com / budhianto marpaung
Halaman :
1

Ikuti Kami