Tips Rumah Aman, Mudik pun Tenang

Single / 14 August 2012

Kalangan Sendiri

Tips Rumah Aman, Mudik pun Tenang

PrincessPina Cahyonoputri Official Writer
2961

Tradisi mudik tidak berlaku bagi saudara kita yang merayakan Hari Raya Lebaran. Sebagai single yang mandiri, kita pun harus selalu memastikan bahwa telah meninggalkan rumah dalam kondisi aman. Berikut beberapa tips untuk menjaga keamanan  seperti dikutip dari independenttraveler.com :

1. Minta pertolongan seorang teman

Titipkanlah kunci rumah Anda kepada teman yang memang Anda percayai. Mintalah bantuannya untuk mengecek kondisi rumah. Jangan lupa untuk memberikan nomor kontak darurat agar dia bisa menghubungi Anda sewaktu-waktu. Ini adalah cara paling sederhana untuk memastikan rumah Anda tetap aman.

2. Jangan update status Facebook tentang kepergian Anda

Walaupun kelihatannya sederhana, mengupdate status tentang kepergian Anda selama libur panjang pada situs jejaring social seperti Facebook dan Twitter adalah sebuah celah untuk terjadinya tindak kejahatan. Orang-orang yang punya niat jahat bisa memanfaatkan informasi dari Facebook atau Twitter untuk merancang kejahatan terhadap kita. Lagipula, lebih disarankan untuk memberikan informasi kepada keluarga atau teman terdekat tentang kepergian kita melalui pesan langsung (inbox).

3. Beritahu polisi atau pihak keamanan

Jika ada petugas keamanan di wilayah di mana Anda tinggal atau polisi di sekitar Anda, beritahu mereka bahwa Anda akan mudik. Dengan demikian petugas keamanan tersebut bisa membantu mengecek keamanan rumah Anda.

4. Menutup korden atau membukanya?

Perubahan sekecil apapun paa kondisi rumah dapat menjadi sebuah petunjuk bahwa Anda sudah tidak ada di rumah. Jadi, biarkan kondisi korden Anda tetap seperti saat Anda biasanya ada di rumah. Selain itu pindahkan bang-barang mahal ataupun perabotan mahal dari jendela, sehingga tidak bisa dilihat orang dari luar dengan mudah.

5. Bagaimana dengan lampu saat tidak ada orang di rumah?

Jika memungkinkan, pasanglah timer untuk lampu yang bisa mematikan dan menghidupkan lampu cecara otomatis berdasarkan sebuah jadwal. Hal ini untuk mengecoh orang-orang yang mungkin mengamati serta berniat jahat dengan rumah Anda. Mereka akan mengira bahwa ada seseorang yang tinggal di rumah.

 

Sumber : independenttraveler
Halaman :
1

Ikuti Kami