Menjaga Persahabatan untuk Melawan Waktu

Single / 7 August 2012

Kalangan Sendiri

Menjaga Persahabatan untuk Melawan Waktu

PrincessPina Cahyonoputri Official Writer
6005

Dalam kitab Amsal jelas digambarkan bahwa seorang sahabat akan menaruh kasihnya setiap waktu bahkan menjadi saudara dalam kesukaran (Amsal 17:17). Hal ini tentu membuat semua orang pastinya berharap bahwa hubungan persahabatannya akan terus berlangsung sampai kapanpun, namun kenyataannya hal ini tidaklah mudah.

Persahabatan sering kali menghadapi berbagai konflik, perselisihan pendapat yang mungkin akan memicu perpecahan. Berikut beberapa hal yang mungkin  akan membantu Anda menjaga persahabatan :

Memberi dan Menerima

Salah satu tips menjaga persahabatan adalah dengan rumus memberi dan menerima. Hal ini bukan hanya secara materil tapi juga secara moril. Adanya ketersalingan dalam persahabatan akan membuat hubungan ini mampu bertahan melawan waktu.

Jadi Diri Sendiri

Seringkali untuk dapat diterima kelompok, seseorang sengaja berpura-pura menjadi orang lain. Hal ini tentu akan sangat menyakitkan, baik bagi dirinya sendiri maupun orang yang dibohonginya itu. Karena cepat atau lambat, kebohongan pastinya akan terbongkar juga. Sadarilah bahwa sahabat yang baik pasti akan menerima diri Anda apa adanya, dan tidak akan meninggalkan Anda dalam keadaan apapun. Namun kita pun harus mempunyai sikap yang mau mendengar dan belajar. Hal ini akan membuat sahabat Anda merasa dihargai.

Jangan Lupakan Komunikasi

Komunikasi menjadi sesuatu yang wajib dalam persahabatan. Tanpa komunikasi, maka semakin lama akan terasa jarak yang memisahkan. Belajarlan untuk terus menjaga komunikasi diantara kalian, cobalah untuk memberikan perhatian-perhatian kecil seperti mengirimkan pesan singkat untuk menanyakan kabar dan sebagainya.

Hargai Privasi

Sebuah persahabatan bukan berarti meniadakan privasi dan hal ini pun  harus kita hargai. Namun demikian, kita tetap harus berani menegur dan memperingatkan sahabat jika kita merasa dia mengambil keputusan yang kurang tepat dan akan merugikannya.

Kekuatan Maaf

Mungkin kita memiliki maksud yang baik, namun tanpa sadar kita mengungkapkannya dengan cara yang kurang tepat, akhirnya perselisihan pun terjadi. Untuk mengatasi hal tersebut, jalan satu-satunya adalah dengan meminta maaf. Namun agar permintaan maaf itu tidak kehilangan esensinya, pastikan jika kita sudah mengintropeksi diri sehingga meminimalisir kemungkinan untuk mengulang kesalahan yang sama dikemudian hari.

Berdoa

Kita tidak bisa selalu berada bersama-sama dengan sahabat kita untuk membantunya, demikianpun sebaliknya. Untuk itu sudah menjadi hal yang sewajarnya jika kita terus mendoakan orang-orang yang kita kasihi, termasuk untuk sahabat kita.

Ada pepatah yang mengatakan bahwa orang yang mempunyai sahabat baik dan merupakan sahabat baik bagi orang lain, sesungguhnya adalah orang yang kaya dan puas. Karena itu, marilah kita menjaga hubungan persahabatan kita.

Baca juga :

Sayembara Wanita Tercantik 

Pentingnya Menabung Tidur Sebelum Mudik

Kisah Cinta Jeremy Camp kepada Melissa dan Tuhan

Sumber : vinac
Halaman :
1

Ikuti Kami