Ini Penyebab Anda Alami Gangguan Kesuburan
Sumber: Detik.com

Marriage / 19 August 2014

Kalangan Sendiri

Ini Penyebab Anda Alami Gangguan Kesuburan

Lori Official Writer
3756

Gangguan pada kesuburan atau infertilitas seringnya dialami oleh pria atau wanita. Hal ini bisa saja terjadi akibat terganggunya sistem reproduksi pada wanita dan terjadinya penurunan kualitas dan kuantitas sperma pada pria.

Menurut sebuah penelitian menemukan bahwa masalah penurunan kesuburan terjadi pada 40 % perempuan dan 40 % laki-laki serta 30 % akibat keduanya. Hal ini akan disadari bila pasangan tak kunjung mengalami kehamilan dalam jangka waktu 2 tahun. Jelas bahwa terjadi masalah kesuburan baik pada pria atau wanita.

 

Beberapa hal ini bisa saja menjadi penyebab masalah terganggunya kesuburan pada wanita dan pria.

 

Kurang tidur

 

Penelitian dari Mount Sinai Medical Center di New York City menemukan bahwa masalah tidur pada pria dan wanita berpengaruh negatif terhadap kesehatan seksual. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa ‘pria yang mengalami apnea tidur obstruktif berisiko dua kali lebih besar terkena disfungsi ereksi’.

 

Masalah tidur pada pria bahkan juga menyebabkan penurunan sperma serta penyebab terjadinya morfologi spermatozoa yang tidak normal.

 

Cahaya lampu kurangi kesuburan

 

Kegelapan disebut sebagai kunci penting seorang wanita yang hendak punya anak. Alasannya bahwa hormone melatonin, yang melindungi sel telur wanita dari stres, diproduksi ketika gelap. “Setiap kali Anda menyalakan lampu, menurunkan produksi melatonin,” kata peneliti Russel Reiter, seperti dilansir Sinarharapan.com, Rabu (16/7).

 

Sangat dianjurkan agar cahaya lampu di malam hari berwarna merah atau kuning, dan menghindari cahaya putih dan biru.

 

Sumbatan saluran sperma /sel telur

 

Tersumbatnya saluran sperma ternyata sangat berdampak pada kesuburan pria. Hal ini bisa saja sudah terjadi sebagai bawaan lahir atau masalah infeksi pada saluran reproduksi akibat bakteri melalui penyakit menular seksual. Sedang pada wanita, sumbatan pada sel telur akibat terkena radang panggul menyebabkan terhambatnya pertemuan sel telur dengan sperma.

 

Kelainan genetik

 

Kelainan genetik bisa saja terjadi pada hormon seksual. Seseorang yang mengalami hal ini akan berisiko pada kelainan pada masa reproduksi dimana produksi hormon sperma yang terhambat sehingga sperma tidak bekerja secara normal.

 

Mungkin Anda adalah pasangan yang sudah lama merindukan kehadiran momongan dan telah melakukan berbagai cara namun tetap mendapat hasil nihil, maka jangan berputus asa. Cobalah ikuti konsultasi dengan dokter, mengkonsumsi obat yang dianjurkan dengan teratur sembari mengatur kembali pola hidup sehat seperti cukup tidur, olahraga dan melahap berbagai jenis makanan yang meningkatkan kesuburan.


Baca Juga Artikel Lainnya:

4 Kondisi Seks yang Berdampak Bagi Kehidupan

Hindari Dorongan Sex Dengan Cara Ini

Jeratan Narkoba Hancurkan Hidup Hendy Yefta

Film Spiritual Robin Williams Ini Berkisah Tentang Kehidupan Kedua

Sumber : Berbagai Sumber/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami