Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Naomii Simbolon

Official Writer
400


Di jaman sekarang, tampaknya kecantikan sangat diperhitungkan sekali. Itu sebabnya, ada banyak orang yang kadang berlomba-lomba menjadi cantik hingga mengeluarkan berpuluh juta hingga beratus juta untuk operasi dan lain sebagainya.

Padahal sebenarnya, setiap orang diciptakan oleh Allah dengan begitu baik adanya (Kejadian 1:27-31), tetapi manusia justru cenderung mengukur apa yang baik itu adalah apa yang terlihat oleh mata.

Kolose 3:1-5 memberitahu kepada kita bahwa apa yang penting bukan hanya penampilan di luar saja tapi hal-hal yang sifatnya kekal.

Memang sih, penampilan luar itu penting, karena Allah sendiri ingin supaya kita dihormati sebagai manusia tapi bukan berarti kita melakukan segala hal tanpa memikirkan kesukaanNya.

Roma 14:17-19 berkata, "Sebab Kerajaan Allah bukanlah soal makanan dan minuman, tetapi soal kebenaran, damai sejahtera dan sukacita oleh Roh Kudus. Karena barangsiapa melayani Kristus dengan cara ini, ia berkenan pada Allah dan dihormati oleh manusia. Sebab itu marilah kita mengejar apa yang mendatangkan damai sejahtera dan yang berguna untuk saling membangun."

Jadi sudah jelas bukan bahwa dua hal itu merupakan satu kesatuan yang berbicara tentang cara kerja Kerajaan Allah. Anugerah yang diberikan Tuhan kepada kita harusnya cukup dan semuanya ada dalam kendaliNya, namun kadang manusia perlu berhikmat juga untuk melestarikan, mengusahakan dan membangun kehidupan.

1 Samuel 16:7, "Tetapi TUHAN berkata kepada Samuel, "Janganlah kau terpikat oleh rupanya yang elok dan tinggi badannya; bukan dia yang Kukehendaki. Aku tidak menilai seperti manusia menilai. Manusia melihat rupa, tetapi Aku melihat hati."

Pada umumnya, manusia khususnya laki-laki, mudah sekali tergoda oleh keindahan yang  terlihat oleh mata. Tapi Firman Allah di atas menegaskan kepada kita untuk tidak fokus kepada penampilan saja kan, tapi juga hati kita.

Memang sih, beberapa perempuan sudah dianugerahi dengan bentuk tubuh dan wajah yang menarik, namun realitanya kan nggak semua orang yang begitu. Jadi, memang butuh menjadi cantik dengan melakukan perawatan, kereja keras dan perlu usaha mempertahankannya. Cuma jangan melupakan karakter kamu sebagai perempuan Kristen.

Mulai sekarang, mari berkomitmen untuk merawat tubuh kita yuk, seperti olahraga secara teratur, dan makan makanan yang sehat yuk. Karena ini adalah cara untuk kita memelihara bait suci Allah yaitu tubuh kita.

Tapi tetap jangan lupa untuk mengembangkan karakter kita semakin serupa dengan Yesus ya. Seperti setia dan taat untuk terus dibenrtuk oleh Allah.

BACA JUGA : Memulai Hari Penuh Warna. Rasa Takut Karena Kelamaan Single, Buang Jauh-jauh Deh!

Karena kecantikan luar itu hanya sementara, namun kecantikan yang timbul dari jiwa dan roh sangat membangun kehidupan.

Tapi apa yang diinginkan oleh Allah adalah kecantikan jiwa dan roh kita.

"Perhiasanmu janganlah secara lahiriah, yaitu dengan mengepang-ngepang rambut, memakai perhiasan emas atau dengan mengenakan pakaian yang indah-indah, tetapi perhiasanmu ialah manusia batiniah yang tersembunyi dengan perhiasan yang tidak binasa yang berasal dari roh yang lemah lembut dan tenteram, yang sangat berharga di mata Allah. Sebab demikianlah caranya perempuan-perempuan kudus dahulu berdandan, yaitu perempuan-perempuan yang menaruh pengharapannya kepada Allah; mereka tunduk kepada suaminya. "(1 Pet 3:3-4)

Jadi para perempuan, terus berjuang untuk menyangkal diri dan turut dalam kehendak Allah ya. Marilah kita mengejar kecantikan batiniah yang dimulai dengan mengevaluasi gimana buah kehidupan yang kita hasilkan hari-hari ini. Kemudian, mintalah pertolongan roh kudus untuk mempecantikan batin kamu sehingga memancarkan secara lahiriah dengan menjadi berkat buat orang lain.

Nah berikut beberapa tips yang mungkin bisa membantu.

1 Berusahalah untuk tetap update dengan berbagai hal supaya kita mudah bergaul dengan berbagai jenis orang. Usahakan keseimbangan hidup dalam kehidupan kerohanian maupun bermasyarakat. Kehidupan kerohanian yang terlalu kaku bias menjadi batu sandungan dalam memberkati orang lain. Mari kita meneladani Yesus yang luwes dalam pergaulan namun tetap hidup dalam kebenaran.

2 Jadilah dirimu sendiri, alias punya prinsip bukan apa kata orang tapi apa kata Tuhan. Jangan latah mengikuti hal-hal yang sedang tren, tapi fokuslah pada apa yang menjadi panggilanmu.

3 Bangun kebiasaan untuk peka pada kebutuhan orang lain, rajin berbuat baik dengan tulus hati, dan suka melayani sesama,

4. Berhikmatlah dalam mengatur kehidupan pribadi dan tetap berpengharapan akan hari depan.

Sumber : berbagai sumber

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

BaiqNur Afriliani 8 December 2019 - 12:19:17

Komunikasi lebih dari sekedar kata-kata. Jelaskan .. more..

0 Answer

Ferry Joshua 7 December 2019 - 22:21:38

Samaritan

0 Answer

Ferry Joshua 7 December 2019 - 22:21:05

Samaritan purse

0 Answer


JustinDI 22 November 2019 - 16:40:34
Bapa kami yang di Surga, Dikuduskanlah namaMu Data... more..

JustinDI 22 November 2019 - 16:40:25
Bapa kami yang di Surga, Dikuduskanlah namaMu Data... more..

surya 10 November 2019 - 18:37:53
Hi teman teman JC, nama saya surya, saya mengalami... more..

marisca benedicta 9 November 2019 - 10:23:48
tolong bantu doa, agar saya terlepas dri jeratan h... more..

Banner Mitra November Week 4


7260

advertise with us