Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Naomii Simbolon

Official Writer
429


Bagi beberapa orang, menjadi single merupakan sebuah ketakutan. Khususnya buat kamu yang usianya sudah 25 tahun ke atas dan dikelilingi teman perempuan atau pria yang sudah usia 40 tahun namun belum menikah.

Apakah kamu itu? Nggak cuma pertanyaan dari orangtua, tapi dari teman arisan mama , ditambah postingan mantan yang sudah beranak dua. Duh!

Dari pada terus menerus bergulir dalam ketakutan, mulai hari ini, yuk, bebaskan hari kamu dari ketakutan. Meskipun dalam situasi seperti ini, emosi negatif sering muncul dan rasanya tidak enak, percayalah bahwa kasih Allah akan memampukan kamu untuk bangkit dan berani merasakan emosi yang pahit sekalipun. Teruslah bersandar kepada-Nya dalam penantian kamu.

Yuk, warnai masa singlemu dengan sesuatu yang baru. Supaya kamu bisa melawan emosi negatif dan ketakutanmu.

1. Lebih dekat kepada Yesus

Ini adalah langkah pertama yang aku mau sarankan untuk kamu lakukan. Ini sangat penting! Supaya kamu terus berbuah di masa single ini, maka kamu harus nempel kayak prangko ke pohonnya.

Alkitab menuliskan di Yohanes 15:5, ""Akulah pokok anggur dan kamulah ranting-rantingnya. Barangsiapa tinggal di dalam Aku dan Aku di dalam dia, ia berbuah banyak, sebab di luar Aku kamu tidak dapat berbuat apa-apa."

Lihat deh, nggak ada ranting yang menumbuhkan daun dan buah kalau dia terlepas dari pohon utamanya, kan? Begitulah dengan kamu. Kalau kamu terlepas dari Yesus, maka kamu nggak bakal bisa bertumbuh dan berbuah. Jadi, ini penting banget.

Salah satu cara untuk lebih dekat dengan Yesus adalah ngobrol. Ngobrol seperti membina hubungan persahabatan biar lebih dekat. Ingat, ngobrol itu artinya kita bicara dan mendengarkan ya. 

Kamu bisa berdoa kepadaNya, bermazmur setiap hari atau kamu bisa menulis di buku diarymu. Bikin saja judulnya "surat buat Tuhan." Ketika saya sedang di bus atau di mobil dalam perjalanan jauh, saya melakukan ini. Soalnya nggak mungkin berdoa kan? Nggak enak di lihatin teman.

2. Berpartisipasi dalam komunitas kamu atau komunitas baru

Ini artinya kita bisa menghabiskan waktu dengan orang-orang baru atau komunitas kita yang akan membantu kita untuk bertumbuh dalam kasih Kristus. Buat kamu yang belum berkomunitas, cariin gih komunitas gereja. Ada banyak kok!

Buat kamu yang sudah punya komunitas, lebih dekat dengan mereka ya. Selain itu, kamu juga bisa berpartisipasi dalam komunitas di luar gereja namun yang positif, seperti komunitas peduli AIDS, komunitas peduli korban bencana alam dan lain sebagainya.

Selain kita punya hubungan yang baik dengan Bapa, kita juga hrus punya komunitas untuk saling menguatkan.  Jangan cari komunitas di tempat yang nggak tepat seperti diskotik dan klub malam ya. Itu hanya akan membawamu dalam godaan dosa seperti minum, rokok dan godaan seksual.

Jangan menutup hati juga jika ada cinta yang bersemi di komunitas baru itu, mungkin itu adalah saat yang tepat untuk hati kamu belajar dicintai dan mencintai sekali lagi, tentunya ikut sertakan Yesus di dalamnya.

BACA JUGA : Pertahankan Masa Singlemu Tetap Kudus dan Pekalah Terhadap Trik Si Setan Ini!

3. Yuk, mulai mempraktikkan kebiasaan positif baru

Yang ini mengacu pada kebiasan kita sehari-hari. Wanita yang berkarakter Allah adalah wanita yang rajin. Misalnya :

Pertama, bangun pagi.

"Hai pemalas, berapa lama lagi engkau berbaring? Bilakah engkau akan bangun dari tidurmu? Tidur sebentar lagi, mengantuk sebentar lagi, melipat tangan sebentar lagi untuk tinggal berbaring maka datanglah kemiskinan kepadamu seperti seorang penyerbu, dan kekurangan seperti orang yang bersenjata." (Amsal 6: 10-11)

Ayatnya ngena banget ya?!  Yap, kalau kita bermalas-malasan, maka bersiaplah jadi miskin dan serba kekurangan. Yuk kita berlatih sama-sama. Saya juga nih!

Kedua, membaca buku.

Buku adalah jendela informasi dunia. Sudah tahu kan? Saya juga sedikit malas membaca buku, tapi kita tetap harus berusaha bangkit nih.

Mau belajar tentang apa? Hubungan? Singleness? Pernikahan? Resep? Musik? Kesehatan? Semuanya sudah ditulis. Kita tinggal ke toko buku dan mencari bukunya.  Sebaiknya cari buku yang sudah direkomendasi oleh teman atau predikat bestseller ya,  beli dan baca deh di rumah.  Lewat membaca buku, kita akan punya perspektif baru. Jadi tunggu apalagi? Yuk, mulai memperkaya pemahaman kita lewat membaca buku.

Ketiga, belajar memasak.

Saya yakin di jaman sekarang, hanya sedikit cewek yang bisa masak. Kamu bisa masak nggak?

Nah, masa single ini adalah masa di mana kita belajar memasak. Kita semua sadar, nanti kalau sudah menikah, isteri harus menyediakan makanan bagi rumah tangganya. Hal ini tertulis di Alkitab loh, perihal wanita bijak.

"Ia bangun kalau masih malam, lalu menyediakan makanan untuk seisi rumahnya, dan membagi-bagikan tugas kepada pelayan-pelayannya perempuan." (Amsal 31: 15)

Gimana teman-teman, siap untuk memulai hari yang baru sebagai single? Siap mengisi hari-hari kamu dengan penuh warna ? Yuk semakin eratkan hati keapda Yesus, bergabung dalam komunitas dan melatih kebiasaan positif. Dengan pertolongan Tuhan Yesus, kita akan bisa semakin serupa sepertinya. Soal jodoh, tenang saja, Dia punya yang terbaik untukmu!

Sumber : berbagai sumber

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Angelika Yenny 20 November 2019 - 20:45:53

Bagaimana kita memperkenalka n adanya aneka pelaya.. more..

0 Answer

Nur Isra 20 November 2019 - 02:46:08

Laporan arus kas Nesreen Co

0 Answer

Inovi Isdiyantoro 18 November 2019 - 21:01:35

Di phk

0 Answer


surya 10 November 2019 - 18:37:53
Hi teman teman JC, nama saya surya, saya mengalami... more..

marisca benedicta 9 November 2019 - 10:23:48
tolong bantu doa, agar saya terlepas dri jeratan h... more..

Joice Merry 6 November 2019 - 13:22:01
Mohon topangan doa agar Supaya tidak khawatir akan... more..

Aneke Ane 5 November 2019 - 05:23:34
Saya ane. Saat ini saya merasa berada dititik ter... more..

Banner Mitra November Week 3


7268

Banner Mitra November Week 3