Inta

Official Writer
946


Sifat egois merupakan sifat yang paling tidak disukai oleh kebanyakan orang. Perkataan apapun yang keluar dari mulut kita, sering sekali tidak didengar oleh mereka yang egois. Menurut mereka, dirinyalah yang paling benar.

Bahkan, kalau boleh dibilang, sifat egois yang dimiliki seseorang sering banget memancing emosi kita. Apalagi, kalau sifat egois ini dimiliki oleh pacar kita. Rasanya, kita ingin pisah saja dari dia. Namun, kita perlu ingat kalau pacaran itu bukanlah ajang main-main.

Kita hanya bisa menjalin hubungan pacaran saat kita sudah 'siap'. Untuk itu, sebelum kita akhirnya memutuskan untuk berpisah, ada baiknya kita melakukan beberapa sikap ini saat menghadapi pasangan yang egois.

1. Mengalah

Pasti banyak di antara kita yang sering diingatkan kalau mengalah tidak berarti kalah. Sesekali, kita harus bisa menahan diri untuk mengalah pada pasangan agar tidak memicu pertengkaran yang lebih besar. Jangan sampai kita ikut-ikutan emosi saat pasangan menunjukkan sikap egoisnya.

Meskipun dalam praktiknya nggak mudah, cara ini akan membuat kita keluar dari masalah jauh lebih cepat. Saat kita dan pasangan berada dalam kondisi yang lebih baik, bicarakanlah mengenai kesalahannya, dan apa yang bisa kita lakukan agar tidak lagi menghadapi permasalahan yang sama. Situasi yang lebih tenang akan membuat pasangan atau kita jadi lebih mengerti dan tidak emosi berkepanjangan.

2. Positive thinking dan cari penyebabnya

Kepercayaan merupakan dasar dari setiap hubungan. Ingatkan diri sendiri kalau pasangan mengasihi kita meskipun terkadang caranya salah. Bisa saja ia menunjukkan sifat egoisnya karena ia memang tidak menyadarinya. Bisa juga ia menunjukkan sikap egoisnya ini karena trauma masa lalu atau karena kesalahan kita sendiri.

Untuk itu, ada baiknya kita mencari waktu yang tepat untuk membicarakan soal hal ini. Jadi, cobalah untuk tidak menghakimi atau menyalahkan pasangan dan katakan padanya kalau kita akan jadi jauh lebih senang kalau sifatnya ini bisa diubah. 

Baca juga: Cerita Dari Lombok, 8 Hari Bersama Mereka Yang Sedang Berbeban Berat

3. Katanya, pasangan adalah cerminan diri

Artinya, kita harus bisa berusaha menjadi contoh bagi pasangan sebelum akhirnya ia memutuskan untuk berubah. Nggak jarang kok kalau sifat egois yang dimiliki oleh pasangan itu meledak saat kita nggak menuruti keinginannya.

Cobalah untuk mengikuti terlebih dahulu keinginannya. Selama keinginannya tidak merugikan kita dan baik untuk hubungan, kenapa tidak? Setelah kita mengikuti keinginannya, sesekali cobalah untuk meminta kepadanya agar dirinya mau memenuhi permintaan kita. Misalnya, kalau selama ini pasangan maunya kita yang mengucapkan selamat pagi, sesekali, mintalah pada pasangan untuk dirinya yang memberi ucapan tersebut pada kita.

4. Berikan pujian

Setelah kita meminta pasangan untuk mengubah sikapnya, maka jangan lupa untuk memberikan pujian saat dirinya menunjukkan kemajuan dari perubahannya tersebut. Tidak lupa untuk menunjukkan perasaan senang, sebab dengan cara ini, pasangan jadi merasa dihargai dan ia akan terus mencoba untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

5. Break

Setelah beberapa kesempatan telah kita berikan pada pasangan, tapi tetap saja pasangan tidak menunjukkan perubahannya. Inilah saatnya kita mundur sejenak, kembali membereskan hati masing-masing.

Mengambil waktu masing-masing dan memikirkan sikap kita dan pasangan yang berdampak buruk bagi hubungan kita. Kalau memang kita merasa sulit untuk diubah dan kita lelah dengan hubungan yang terjalin, mungkin ini adalah saat yang tepat buat kita untuk mengakhirinya dan mulai membuka hati buat orang lain.

Untuk bisa menemukan dia yang paling tepat, kita perlu pertolongan tangan Tuhan. Jadi, cobalah tanya kepada Tuhan, apakah pasangan kita yang sekarang ini adalah yang paling tepat buat kita?

 

Sumber : cosmopolitan/jawaban


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Erik Siahaan 27 May 2020 - 08:13:10

Karena Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat.".. more..

2 Answer

Margaretha Ltor 15 May 2020 - 11:07:59

Apa yg kita harus lakukan,,untuk tau ada atau tida.. more..

2 Answer

tolala 2 May 2020 - 03:25:35

Covid 19

1 Answer


purnama 1002 2 July 2020 - 23:48:31
Tolong doakan anak perempuan saya yg terkena penya... more..

Anju Frans Siregar 15 June 2020 - 15:07:02
Shalom semuanya. Saya mohon doa untuk kesembuhan d... more..

Natalia Christian 9 June 2020 - 10:03:12
Saya ingin sekali dibantu doa oleh teman2 seiman s... more..

IMA SAMOSIR 29 May 2020 - 14:22:54
'Terimkasih Tuhan Yesus untuk Semua yg Terjadi did... more..

Banner Mitra Juli 1-2


7241

Banner Mitra Juli 1-2