Amnesty International Beri Penghargaan Tertinggi Pada Malala Yousafzai

Nasional / 17 September 2013

Kalangan Sendiri

Amnesty International Beri Penghargaan Tertinggi Pada Malala Yousafzai

Puji Astuti Official Writer
3584

Menjadi inspirasi diusianya yang masih remaja karena memperjuangkan hak pendidikan bagi anak-anak perempuan di Pakistan, itulah yang dilakukan oleh Malala Yousafzai. Kini, gadis remaja yang pernah berjuang melawan maut karena ditembak oleh Taliban tepat dikepalanya  itu mendapatkan buah yang manis, ia menjadi perhatian dunia dan semakin giat untuk mengejar visi hidupnya.

Malala yang berusia 16 tahun ini, mendapatkan penghargaan tertinggi dari organisasi Amnesty International, yaitu Ambassador of Consciene Award atau Duta Penghargaan Nurani. Penghargaan ini diberikan kepada "Individu-individe yang mempromosikan dan meningkatkan penegakan HAM melalui hidup dan teladan mereka." Selain Malala, penyanyi Amerika dan aktivis hak asasi manusia Harry Belafonte akan menerima penghargaan yang sama.

"Dua Duta Nurani baru kami berbeda satu sama lain dalam banyak hal, tetapi mereka sama-sama berdedikasi untuk memperjuangkan hak-hak asasi manusia di mana pun dan untuk semua," demikian pernyatan Salil Shetty, Sekretaris Jenderal Amnesti International.

Pemberian penghargaan dilakukan dengan sebuah upacara khusus di Dublin, Irlandia pada Selasa (17/9), dimana penyanyi rock Irlandia, Bono menyerahkan langsung hadiah tersebut kepada Malala dan Harry.

Malala menyatakan dirinya merasa sangat terhormat menerima penghargaan tersebut dan ingin menggunakan kesempatan itu untuk mengingatkan semua orang bahwa ada jutaan anak-anak sepertinya yang memperjuangkan hak mereka untuk bisa sekolah.

Peraih Nobel Perdamaian Anak-anak pada Jumat (6/9) lalu di Den Haag, Belanda, tersebut saat ini sedang melakukan penggalangan dana untuk pendidikan anak-anak pengungsi Suriah. Malala bersama organisasi "A World at School" mentargetkan dapat menggalang dana sebesar 500 juta dolar untuk memberikan pendidikan bagi 300.000 anak Suriah yang mengungsi di Libanon.

Baca juga artikel lainnya :

Kisah Penembakan Malala Yousafzai Akan Difilmkan

Malala Yousafzai Tulis Buku Riwayat Hidup

Malala Yousafzai Akhirnya Kembali ke Bangku Sekolah

Pejuang Pendidikan Wanita Pakistan : Tuhan Berikan Kehidupan yang Baru

Sekarang, Superbook Tayang Pkl 06.30WIB di MNC TV

Sumber : Kompas.com | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami