Pemudik Jalur Udara dan Darat Meningkat Signifikan
Sumber: Tempo.co

Nasional / 6 August 2013

Kalangan Sendiri

Pemudik Jalur Udara dan Darat Meningkat Signifikan

Lori Official Writer
3504

Peningkatan penumpang secara signifikan terjadi pada jalur transfortasi udara dan darat. Demikian disampaikan oleh Kepala Pusat Informasi dan Komunikasi Kementerian Perhubungan Bambang S Ervan.

Bambang mengatakan bahwa awalnya penumpang udara hanya diprediksi naik sekitar 12 persen, namun jelang H-4 tepatnya Minggu (4/8) kemarin malah jauh melampaui dari angka tersebut. Dari pantauan Kementrian Perhubungan, para pemudik dengan tujuan utama ke Pulau Sumatra, Kalimantan, Sulawesi dan Jawa terus meningkat sejak Minggu (4/8).

Bambang menilai singkatnya waktu yang dibutuhkan untuk tiba di daerah masing-masing menjadi pilihan utama bagi pemudik sehingga peningkatan penumpang jalur udara terus terjadi.

“Dari tahun ke tahun, persentase peningkatan moda transfortasi udara sekitar 15-18 persen. Kami memperkirakan tahun ini tidak jauh dari angka itu,” ujarnya seperti dilansir Kompas.com, Senin (5/8).

Meskipun para pemudik banyak yang memilih jalur udara, namun hal itu tetap tidak mempengaruhi peningkatan kepadatan lewat jalur darat khususnya di jalur utama mudik Pantai Utara Jawa (Pantura).

Para pemudik diperkirakan juga menggunakan jalur darat untuk mengirimkan barang, mobil dan sopir hingga ke kampung halaman. Sementara jalur darat lewat kereta api justru mengalami peningkatan terendah sekitar 1-2 persen. Sedang transfortasi laut hanya mengalami peningkatan sekitar 5 persen per tahunnya.

Fenomena peningkatan penumpang jalur udara dan darat memang terus terjadi dari tahun ke tahun. Para pemudik kemungkinan lebih memilih untuk menghemat waktu dan memperkirakan kenyamanan saat perjalanan.


Baca Juga Artikel Lainnya:

Ada Apa Dibalik Pesan Singkat Bom Vihara Ekayana?

Ketua MPR : Pemerintah Harus Tindak Tegas Pelaku Bom Vihara

Napi Brasil Temukan Pengharapan Dari Merajut Baju

Lianna Gunawan, Sukses Lewat Sepatu Batik La Spina Yang Mendunia

Mau CD Album Jonathan Prawira dan WOW HITS 2012 Gratis?

Sumber : BBC | Kompas | Lori
Halaman :
1

Ikuti Kami