Ada Apa Dibalik Pesan Singkat Bom Vihara Ekayana?
Sumber: Suarakawan.com

Nasional / 5 August 2013

Kalangan Sendiri

Ada Apa Dibalik Pesan Singkat Bom Vihara Ekayana?

Lori Official Writer
4703

Ledakan bom yang terjadi pada Minggu (4/8) malam di Vihara Ekayana, Kebon Jeruk, Jakarta Barat sontak menarik perhatian. Sejumlah desas desus terkait motif ledakan terus mengalir hingga dikaitkan dengan isu Rohangya lewat temuan pesan singkat dalam bom.

Meskipun bom tersebut berdaya ledak rendah, namun hal ini tetap dianggap sebagai aksi terorisme. Bagi para pengamat teroris, aksi bom itu hanya diduga sebagai aksi sekelompok orang yang ingin menghasut kerukunan antar umat beragama.

Asumsi yang mengaitkan aksi bom tersebut dengan isu Muslim Rohangya di Myanmar pun semakin kuat dengan temuan pesan singkat. Seperti yang disampaikan oleh Menteri Agama Suryadharma Ali, “Dalam sebuah bom itu terdapat pesan pada secarik kertas bertuliskan ‘Kami mendengar jeritan Rohangya’,” seperti dilansir Detik.com.

Namun sejumlah kalangan pemerintahan masih belum meyakini hal tersebut. Seperti yang diungkapkan oleh Anggota Komisi III DPR RI, Eva Kusuma Sundari, masih terlalu dini mengaitkan hal tersebut dengan Rohangya. Ia menilai bahwa bom dapat dibuat oleh siapapun.

Hal senada juga disampaikan oleh M. Jusuf Kalla, Wakil Presiden 2004-2009, ia menilai aksi bom itu hanya sebatas peringatan bagi kelompok Buddha dan semua kelompok untuk tetap menjaga toleransi beragama.

Aksi bom di Vihara Ekayana masih tetap dalam penyelidikan yang lebih dalam guna mengungkap identitas pelaku maupun kaitan pesan singkat tersebut dengan isu Rohangya.

 


Baca Juga Artikel Lainnya:

Sanitasi Yang Bersih Tingkatkan Kesehatan dan Pertumbuhan Anak

Inilah Budaya Mudik di Beberapa Negara

Politisi PDIP : Dulu Target Teroris Itu Gereja, Sekarang Vihara

20th Century Fox Filmkan Kisah Sukses Atlet Kristiani Kurt Warner

Mau CD Album Jonathan Prawira dan WOW HITS 2012 Gratis?

Sumber : Antaranews | Detik | Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami