Taufik Kiemas Dimata Jokowi, Ahok, JK dan Prabowo
Sumber: antara news

Nasional / 9 June 2013

Kalangan Sendiri

Taufik Kiemas Dimata Jokowi, Ahok, JK dan Prabowo

Puji Astuti Official Writer
4939

Meninggalnya Ketua MPR RI Taufik Kiemas pada Sabtu (8/6) lalu merupakan kehilangan besar bagi Indonesianya. Sosok Kiemas yang terus memperjuangkan agar Indonesia tidak melupakan empat pilar kebangsaan membuatnya dikenal akrab hampir oleh semua tokok politikus di Indonesia. Berikut ini adalah kenangan beberapa tokoh tentang sosok Taufik Kiemas.

Jokowi

Dimata Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo, Taufik Kiemas adalah orang merangkul semua kalangan dan aktif dalam berbagai kegiatan lintas agama, lintas etnis dan lintas partai.

"Semuanya, yang lintas-lintas itu Pak Taufiq paling dekat," demikian ungkap Jokowi, Minggu (9/6) saat berada di rumah duka, di Jalan Teuku Umar 27 Jakarta.

Ahok

Ternyata Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama memiliki kenangan istimewa dengan suami Mantan Presiden Megawati itu. Ahok mengungkapkab bahwa pada tahun 1999 Taufik Kiemas-lah yang pertama kali mengajaknya terjun ke dunia politik. Sosoknya Kiemas menurutnya tegas namun juga lembut.

"Tapi, ya begitulah dia, kalo marah, semprot, tetapi kalau sudah sungkem, baikan lagi," terang Ahok saat berada di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta, Minggu (9/6/2013).

Jusuf Kalla

Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla melihat politisi senior PDI Perjuangan Taufik Kiemas sebagai seorang negarawan yang menjaga nasionalisme secara konstitusional.

"Kita kehilangan tokoh bangsa yang sangat memahami, melaksanakan, dan menjaga nasionalisme secara konstitusional," demikian ungkap belasungkawa JK yang pada Sabtu (8/6) lalu sedang berada di luar negeri.

Prabowo

Sekalipun pada masa orde baru karir politik Taufik Kiemas ditekan oleh pihak penguasa, namun menurut Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Prabowo Subianto melihat Kiemas sebagai politikus yang bijak dan masih mau bersahabat dengan dirinya yang saat itu merupakan bagian dari pemerintahan orde baru.

"Waktu masa reformasi itu, saya sempat hilang jabatan dan sebagainya, tetapi beliau justru menghargai pihak lawan Orde Baru. Saya dulu bagian dari Orba, tetapi beliau tetap bersahabat dengan saya," demikian ungkap Prabowo usai melayat pada Minggu (9/6).

"Saat saya pulang dari luar negeri beliau membuka hubungan dengan semua orang. Meski kami pernah berseberangan, beliau berhati baik dan pemimpin yang bijak," demikian tambahnya.

Kiranya sosok Taufik Kiemas yang berpolitik dengan santun dan terus mendengungkan pentingnya Bhinneka Tunggal Ika, Pancasila, UUD 1945, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia menjadi teladan bagi semua politikus dan juga masyarakat Indonesia.

Baca juga artikel lainnya :

Ketua MPR RI, Taufik Kiemas Meninggal Dunia di Singapura

Ratusan Rohaniawan Datangi Ketua MPR Terkait Kebebasan Beribadah

Bila Terpilih, Inilah Pesan Taufik Kiemas Untuk Jokowi

Sudah Siap Menjadi Seorang Ayah? Ini Tipsnya

Merry Riana : Jelilah Dalam Melihat Kesempatan

Sumber : Kompas.com | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami