Akhirnya Bung Karno dan Bung Hatta Jadi Pahlawan Nasional

Nasional / 7 November 2012

Kalangan Sendiri

Akhirnya Bung Karno dan Bung Hatta Jadi Pahlawan Nasional

daniel.tanamal Official Writer
3797

Akhirnya proklamator Republik Indonesia, Soekarno dan Muhammad Hatta dianugerahi pahlawan nasional oleh pemerintah. Penganugerahan tersebut dijadwalkan akan berlangsung hari ini Rabu (7/11/2012) di Istana Negara.

"Kami tadi melaporkan kepada Presiden hasil sidang Dewan Gelar dan Kehormatan. Besok akan dilakukan penganugerahan gelar pahawan nasional kepada Ir Soekarno dan Muhammad Hatta. Keppres akan segera ditandatangani sore ini, dan besok akan dilakukan penganugerahan pukul 11.00 WIB di Istana Negara," kata Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Djoko Suyanto yang juga Ketua Dewan Gelar dan Kehormatan, Selasa kemarin (6/11) di Jakarta.

Menanggapi anugerah ini cucu mantan presiden Soekarno, yang juga putrid dari Megawati Soekano Putri, Puan Maharani mengapresiasi hal tersebut. "Ya tentu saja keluarga menghargai dan mengapresiasi, tidak hanya kepada SBY tapi juga pemerintah, karena pemberian gelar pahlawan ini tidak diberikan presiden, tapi keputusan kolektif. Seharusnyalah apa yang menjadi pemikiran anak bangsa bisa dikenang tak hanya keburukannya saja yang dinilai, harus diakui Soekarno adalah proklamator bangsa,” katanya.

Selaras dengan Puan, putri Bung Hatta, Meutia Hatta Swasono pun turut bergembira atas langkah ini. “Saya, suami, serta anak-anak dan cucu Bung Hatta merasa bangga atas pemberian gelar Pahlawan Nasional ini. Kami merasa gembira dan menghargai langkah pemerintah yang memberikan gelar ini, meskipun Indonesia sudah merdeka 67 tahun yang lalu,” ujarnya di Jakarta, Selasa (6/11).

Bung Karno dan Bung Hatta adalah dua tokoh penting dalam kemerdekaan Indonesia. Meskipun banyak kontroversi dan silang pendapat, kepahlawanan mereka begitu menginspirasi masyarakat Indonesia sejak dahulu hingga kini.

 

Baca juga artikel lainnya :

Jokowi Akui Dirinya Kelinci Percobaan

Karena Suara Tuhan, Judika Dapatkan Pasangan

Majalah Ini Ajarkan Anak Rakit Bom Molotov

Dampak Fenomena Kiamat Di Dunia

 

Sumber : berbagai sumber - daniel tanamal
Halaman :
1

Ikuti Kami