Apa yang Perlu Diketahui Tentang SEA Games 2013?

Nasional / 7 November 2013

Kalangan Sendiri

Apa yang Perlu Diketahui Tentang SEA Games 2013?

Lori Official Writer
7600

Pesta olahraga Asia Tenggara atau SEA Games yang ke-27 yang  bakal diselenggarakan pada 11-22 Desember 2013 di Naypyidaw, Myanmar tengah berbenah diri. Myanmar dipercayakan kembali sebagai tuan rumah setelah 44 tahun sejak 1961 dan menjadi yang pertama bagi negara ini menggelar pesta olahraga di ibu kotanya yang baru diresmikan.

Olimpiade yang akan diikuti oleh 11 negara Asia Tenggara ini bakal menampilkan nuansa berbeda. Dengan itu Anda perlu mengetahui sejumlah hal berikut dari SEA Games 2013.

Tema, Konsep dan Maskot

SEA Games ke-27 ini diberi tema ‘Green,Clean and Frienship’ yang merefleksikan tentang kesatuan dari Myanmar. Negara 1000 pagoda ini hendak menyampaikan transparansi, ketulusan, tanggung jawab dan rasa pengertian dan kesatuan antar negara.

Sedang maskot burung hantu yang dipilih mengartikan bahwa SEA Games 2013 menjadi cermin dari kebijaksanaan, ketenangan, keberuntungan, kesetiaan dan rasa persahabatan yang dimiliki oleh Myanmar dan negara-negara se-Asia Tenggara lainnya.   

Negara Peserta

Olimpiade ini dihadiri oleh 11 negera Asia Tenggara termasuk Indonesia dan sejumlah lainnya seperti Kamboja, Laos, Malaysia, Singapura, Thailand, Vietnam, Brunei, Filipina dan Timor Leste.

Cabang Olahraga

Sekitar 35 cabang olahraga bakal dipertandingkan di SEA Games 2013 ini. Ini tampak lebih sedikit dari olimpiade yang sebelumnya diselenggarakan di Indonesia pada tahun 2011 yang mencakup hingga 44 cabang olahraga.

Stadiun Pusat SEA Games

Stadion Wunna Theikdi ini adalah venue yang bakal digunakan untuk opening dan closing ceremony SEA Games 2013 nanti. Stadiun ini menjadi pusat pelaksanaan SEA Games lantaran menjadi stadion terbesar di Myanmar. Dilengkapi dengan sejumlah stadiun berbagai cabang olahraga bertaraf internasional diantaranya stadion sepakbola, senam dan kolam renang modern. Sementara venue lainnya akan dipusatkan di Thuwana Sports Complex Nasional dan Aung San Stadium di Yangon, stadion Bahtoo di Mandalay dan Ngwe Saung Beach.

Pesta olahraga Asia Tenggara atau Southeast Asian Games (SEA Games) ini adalah ajang olahraga yang diadakan setiap dua tahunnya. SEA Games ini telah hadir pertama kali di Bangkok pada 12-17 Desember 1959.


Baca Juga Artikel Lainnya:

Hasil Undian SEA Games 2013: Indonesia Satu Grup dengan Tim Kuat Thailand

Syamsir Alam Tak Kecewa Tidak Masuk Skuad Sea Games 2013

Depak Heins, BlackBerry Punya Bos Baru

Pilihan Diet yang Tepat dan Aman Bagi Kesehatan

Ratusan Anak Belajar Firman Tuhan Lewat Superbook!

Sumber : 27seagames2013.com/Mmbc2u.org/Jawaban.com/Lori
Halaman :
1

Ikuti Kami