Menabung Semakin Mudah Dengan 5 Langkah Ini!
Sumber: getty images

Entrepreneurship / 25 August 2014

Kalangan Sendiri

Menabung Semakin Mudah Dengan 5 Langkah Ini!

Theresia Karo Karo Official Writer
5535

Moment di mana rekening bank kembali terisi, merupakan masa yang paling dinantikan oleh banyak orang. Banyak hal menyenangkan yang bisa dilakukan, atau direncanakan bila gaji sudah di tangan, mulai dari makan enak atau belanja. Tetapi sebelumnya, apa kita sudah terlebih dahulu menabung saat menerima gaji?

Tabungan adalah simpanan yang penarikannya hanya dapat dilakukan menurut syarat yang disepakati. Untuk itu, akan terasa sangat baik bila melihat tabungan tetap stabil dan dapat dijadikan untuk memulai berinvestasi. Walaupun menabung memang tidak semudah membalikkan telapak tangan. Setidaknya kita harus mengorbankan keinginan dan menetapkan komitmen untuk rutin menabung. Langlah berikut dapat membantu kita untuk membuat menabung menjadi lebih mudah.

Catat Impian

Tulis di ‘note’ pribadi, mengenai impian atau rencana jangka panjang yang ingin dicapai. Misalnya, mempunyai rumah sendiri, kendaraan, liburan keluar negeri atau mungkin melanjutkan pendidikan dan lain sebagainya. Tulisan ini akan menjadi peringatan yang dapat selalu di ingat ketika mulai tergoda untuk memuaskan diri dengan keinginan-keinginan. Hal lainnya adalah dapat menjadi motivasi kuat yang menyemangati kita untuk menabung.

Tabungan Bukan Sisa Pendapatan

Maksudnya disini adalah sejak awal menerima gaji, dana tabungan sudah disisihkan sekian persen. Tentu hal ini dilakukan setelah menetapkan anggaran pengeluaran bulanan. Sehingga yang menjadi prioritas adalah menabung. Kemudian, dapat menyesuaikan gaya hidup sesuai penghasilan yang ada.

Rekening Tabungan Sendiri

Untuk semakin memudahkan, pisahkan rekening tabungan dari rekening biasa yang digunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Sekarang banyak tersedia bank yang membebaskan nasabah dari biaya administrasi bulanan atau bisa juga dengan pilihan bunga terbaik. Dengan rekening terpisah ini, akan membuat kita semakin bersemangat untuk menabung.

Pengaturan Transfer Otomatis

Selanjutnya adalah mengatur transfer otomatis pada rekening, yang langsung dikirimkan ke rekening tabungan. Hal ini bisa dilakukan setiap anda menerima gaji, tanyakan kepada bank di mana anda membuka rekening mengenai layanan ini. Sehingga, kita tidak perlu bimbang saat akan menabung, karena uang tersebut akan langsung tersalurkan ke rekening tabungan.

Selipkan ATM Tabungan

Tidak perlu membawa keluar rumah ATM tabungan. Jangan pula disimpan dalam dompet, sisipkan dalam dokumen penting atau lemari penyimpanan di rumah. Hal ini dilakukan  demi mencegah menggunakannya untuk pengeluaran sehari-hari.

Kita harus memanfaatkan segala yang ditawarkan kehidupan dengan sebaik mungkin. Bijaksana dalam menggunakan uang juga menjadi salah satu pengajaran dalam Alkitab. Seperti yang tertulis dalam Amsal 30:25, semut dipuji karena menyimpan makanan di musim panas. Tuhan telah mempercayakan berkat yang berlimpah, untuk itu kombinasi berkat Allah bersama dengan kerja keras dan pengaturan yang bijaksana.


Baca Juga:

Pandangan PGI dan Menkes Atas Pelegalan Aborsi

CT: Kesuksesan Ditentukan Mitra Kerja, Kepercayaan dan Kesabaran

Studi: Tidak Perlu Menenangkan Diri Saat Gugup

5 Alasan Anak Melanggar Peraturan Keluarga

David Dunn Tularkan Sukacita di Today Is Beautiful


Sumber : Keluarga/Tjc.org by tk
Halaman :
1

Ikuti Kami