Terlilit Hutang? Lakukan Hal Ini!
Sumber: getty images

Entrepreneurship / 28 July 2014

Kalangan Sendiri

Terlilit Hutang? Lakukan Hal Ini!

Theresia Karo Karo Official Writer
6725

Mengontrol pengeluaran bagi beberapa orang bukanlah perkara mudah. Seringkali pengeluaran lebih besar dibandingkan pendapatan karena tidak ada perencanaan yang matang. Mulai saat ini sangat penting bagi anda mengatur keuangan, agar terhindar dari hutang. Akan tetapi bila anda sudah sempat berhutang, berikut beberapa langkah perencanaan keuangan:

Tetapkan Daftar Pemasukan dan Pengeluaran Rutin

Anda harus mulai berkomitmen dalam pengaturan keuangan, list dari mana saja sumber keuangan yang anda terima. Sedangkan pengeluaran, catat yang bersifat rutin seperti untuk konsumsi sehari-hari, transportasi dan lain-lain. Bisa juga dengan membuat perkiraan maksimal uang yang dikeluarkan sehari-harinya, dipastikan sesuai dengan pendapatan anda.

Pastikan Pendapatan dan Pengeluaran dalam Keadaan Positif

Bila hasil anggaran masih negatif, hal ini berarti ada pengeluaran yang perlu dipertimbangkan lagi prioritasnya. Atau bisa juga dengan turunkan nominal pengeluaran. 

Cicilan Pinjaman

Sumber pendapatan yang digunakan untuk membayar hutang idealnya adalah 15-20 persen. Lebih besar persentase akan lebih baik, sehingga anda dapat lebih cepat melunasi pinjaman dalam beberapa cicilan.

Jangan Lupa Menabung

Selain untuk pengeluaran, penting juga bagi anda untuk menyisihkan sbeagian pendapatan untuk dana darurat dan tabungan. Tetapkan tujuan keuangan di masa depan sebagai motivasi untuk menabung. Misalnya anda ingin liburan, membeli tanah, rumah atau yang lainnya, sisihkan secara rutin setidaknya 15 persen dari pendapatan.

'Sumber' Sampingan

Bila juga tidak mencukupi, anda harus mulai mencari dana bantuan dengan usaha sampingan. Dengan ini anda dapat dengan lebih leluasa mengatur keuangan karena pendapatan tidak hanya berasal dari satu sumber saja. 

Bila sudah terlanjur berhutang, solusi terbaiknya adalah mengatur ulang keuangan agar bisa melunasi hutang. Jangan sampai menerapkan pepatah 'gali lubang tutup lubang'. Atur keuangan anda dengan cermat, akan lebih baik bila anda bisa menabung. Tetapi bila hutang, sudah semakin sedikit jangan kembali boros dan tidak mengontrol keuangan, anda harus bisa menjalankannya dengan disiplin agar bisa terhindar dari hutang dan sejahtera.

 

Baca Juga:

5 Tips Atur THR Agar Tidak Tekor

Atasi Mual Saat Mudik Dengan Cara Alami Ini!

Tips dan Trik Mengajari Anak Meminta Maaf

7 Cara Ampuh Meminta Maaf Kepada Pasangan

Brave, Serukan Tantangan Iman Karya Moriah Peters

Sumber : Okezone/Pesona.co.id by tk
Halaman :
1

Ikuti Kami