Melihat dan Melunasi Hutang Secara Alkitabiah

Entrepreneurship / 19 July 2013

Kalangan Sendiri

Melihat dan Melunasi Hutang Secara Alkitabiah

Yenny Kartika Official Writer
89121

#1 Alkitab tidak pernah melarang berhutang, namun setiap kali kata hutang disebut , selalu dalam konteks negatif

Alasan utamanya ada di kitab Amsal 22:7 “Orang kaya menguasai orang miskin, yang berhutang menjadi budak dari yang menghutangi.” Ketika kita berhutang, kita menjadi hamba orang yang menghutangi kita. Artinya kita menjadi hamba orang lain selain Tuhan.  Ketika kita meminjam uang, kita menjadi hamba bank, anggota keluarga, teman atau siapapun yang kepadanya kita meminjam. Mereka juga memberikan syarat ketika meminjami kita, apa yang bisa kita lakukan dan apa yang tidak. Inilah yang membuat kita menjadi hamba mereka. Seharusnya kita hanya menjadi hamba Tuhan.

 Alkitab mengajarkan kita untuk menghindari hutang.


#2 Jika terpaksa berhutang, harus dilunasi. Berhutang dan tidak membayarnya adalah dosa.

Dalam Mazmur 37:21 dikatakan bahwa “Orang fasik meminjam dan tidak membayar kembali, tetapi orang benar adalah pengasih dan pemurah.” Jika tidak ingin disebut ‘orang fasik’, kita harus kembalikan setiap hutang-hutang kita.  Ditegaskan kembali dalam Pengkotbah 5:5, “Lebih baik engkau tidak bernazar dari pada bernazar tetapi tidak menepatinya.”

Inilah alasan kedua mengapa Alkitab tidak menyarankan tentang meminjam uang.


#3 Jika memutuskan meminjam uang, pastikan ada jaminan bahwa kita bisa melunasinya.

Misal Anda meminjam untuk membeli sebuah mobil bagi operasional bisnis Anda, maka atur pinjaman tersebut sehingga ketika Anda tidak sanggup melunasi pinjaman, maka bank bisa mengambil mobil tersebut dan Anda bisa bebas dari hutang.

 

#4 Cara terbaik untuk menghindari hutang adalah dengan mengikuti Firman Tuhan sepenuhnya.

Mari perhatikan salah satu ayat yang cukup terkenal berikut di Ulangan 28 ayat 1 dan 12:

“Jika engkau baik-baik mendengarkan suara TUHAN, Allahmu, dan melakukan dengan setia segala perintah-Nya yang kusampaikan kepadamu pada hari ini, maka TUHAN, Allahmu, akan mengangkat engkau di atas segala bangsa di bumi.

TUHAN akan membuka bagimu perbendaharaan-Nya yang melimpah, yakni langit, untuk memberi hujan bagi tanahmu pada masanya dan memberkati segala pekerjaanmu, sehingga engkau memberi pinjaman kepada banyak bangsa, tetapi engkau sendiri tidak meminta pinjaman.”

Dari ayat ini kita bisa lihat bahwa meminjam uang tidak pernah ada dalam rancangan Tuhan bagi umat manusia. Mulai cintai FirmanNya dan hidup di dalamNya setiap hari, maka hujan berkat itu pasti akan turun karena itulah janji Tuhan.

Sebaliknya ketika kita tidak taat kepadaNya, hutang akan menjadi kutuk seperti dalam ayat ke 43-45 berikut:

“Orang asing yang ada di tengah-tengahmu akan menjadi makin tinggi mengatasi engkau, tetapi engkau menjadi makin rendah. Ia akan memberi pinjaman kepadamu, tetapi engkau tidak akan memberi pinjaman kepadanya; ia akan menjadi kepala, tetapi engkau akan menjadi ekor. Segala kutuk itu akan datang ke atasmu, memburu engkau dan mencapai engkau, sampai engkau punah,  karena engkau tidak mendengarkan suara TUHAN, Allahmu dan tidak berpegang pada perintah dan ketetapan yang diperintahkan-Nya kepadamu.”

Karena itu, taatilah Tuhan dan lakukan FirmanNya dan Anda akan melihat masalah hutang ini selesai.


Jika Anda gemar membaca tentang prinsip-prinsip keuangan secara Alkitabiah, pasti Anda akan temukan bahwa ada benih yang harus kita tabur agar kelak kita menuai. Jika kita tidak pernah menabur, tidak mungkin kita menuai. Mari miliki sikap hati yang tidak egois, mulai lihat sekitar dan belajar menabur.

Anda bisa memulai dengan pelayanan di CBN. Lewat program-program TV-nya, CBN membagikan Firman Tuhan dalam bentuk kesaksian orang-orang yang hidupnya dipulihkan Tuhan. Ratusan ribu orang menonton di setiap episodenya dan ini menunjukkan bahwa inilah ladang yang sangat subur untuk menabur. Mari bergabung menjadi mitra CBN di sini. Sebuah kaos dengan desain keren akan menjadi milik Anda jika Anda bergabung hari ini! 

 

BACA JUGA:

Kartu Kredit Buat Bangkrut Akibat Belanja? Terapkan Ini

Langkah Jitu Mengalami Terobosan Keuangan dan Bebas Hutang

Artikel Jawaban.com Bantu Aku Bebas dari Hutang!

Prinsip Pengelolaan Uang Berdasarkan Alkitab

Alkitab dan Uang: 10 Tips Finansial Berdasarkan Firman Tuhan

Indonesia Patut Berterimakasih Kepada Anda!

Sumber : Crown Financial Ministries
Halaman :
1

Ikuti Kami