Wanna Be Creative? Hidupi 7 Kebiasaan Ini
Sumber: Designzzz.com

Career / 15 July 2014

Kalangan Sendiri

Wanna Be Creative? Hidupi 7 Kebiasaan Ini

Lori Official Writer
5971

Kejenuhan dalam bekerja sangat ampuh membunuh kreatifitas, sehingga banyak yang mencoba melakukan sesuatu yang baru demi menumbuhkan kembali passion dan kemampuan dengan cara yang kreatif, tanpa harus meninggalkan kualitas dan produktifitas  kerja.  
Lalu kreatifitas apa saja yang perlu dilakukan? Nah, ada tujuh kebiasaan yang perlu Anda lakukan dan hidupi untuk menjalani rutinitas dengan semangat dan gairah, seperti:

Mematikan komputer/gadget dan merancang hal baru  
Di zaman teknologi saat ini, tanpa kita sadari waktu banyak terbuang terlalu banyak karena terjebak di depan layar komputer atau gadget dalam waktu lama. Kita mungkin merasa bahwa dengan membuka layar komputer atau berinteraksi di media sosial, kita juga sudah banyak memperoleh pengetahuan. Namun ketahuilah bahwa waktu Anda hanya terbuang tanpa menerapkan apa yang sudah Anda dapatkan. Mulailah dengan mendisiplinkan diri, dimulai dengan mengatur waktu kapan untuk belajar dan berinteraksi dan kapan untuk bertekat merancang hasil pemikiran Anda dalam bentuk yang nyata.

Menulis ide dan rencana
Seseorang yang memiliki kegemaran menuliskan rencana dan ide mereka memiliki kondisi mental yang sehat. Sehingga rencana dan ide itu kemungkinan akan berpeluang besar untuk dapat direalisasikan. Anda dapat memulainya dengan menulis seluruh aktifitas keseharian Anda, kemudian menulis beragam inspirasi hidup dari apa yang Anda lihat, alami dan dengar. Lambat laun, kebiasaan ini akan membangun rasa percaya diri dan semangat Anda serta akan mempengaruhi performa Anda dalam mengerjakan setiap pekerjaan.

Istirahat yang berkualitas

Manusia memiliki batas maksimum untuk bekerja, sehingga perlu menyeimbangkan waktu istirahat dan bekerja. Seseorang justru akan semakin kreatif bila ia memiliki waktu istirahat yang cukup dan berkualitas. Jangan memporsir diri dengan terus menerus bekerja. Ingat manusia bukan mesin atau robot yang bekerja sepanjang waktu!

Berani gagal
Anda tentu mengenal ilmuwan Albert Einstein? Ya, ia adalah seorang jenius yang tidak takut gagal. Eistein terus belajar dari setiap kesalahan-kesalahannya dan mencoba hal baru hingga akhirnya sukses menemukan sebuah teori yang belum ditemukan oleh siapapun sebelumnya. Orang kreatif melakukan cara-cara yang unik dan berbeda untuk menciptakan suatu hal yang baru.

Melanggar peraturan

Keluar dari sistem mungkin adalah istilah yang tepat, tetapi bukan berarti Anda menjadi seorang yang suka melanggar peraturan. Anda memandang bahwa dengan terikat penuh maka kreatifitas Anda tampak dikekang, sehingga Anda memutuskan untuk keluar jalur dengan pertimbangan yang benar-benar matang serta siap menerima konsekuensinya.

Have fun
Pekerjaan akan lebih ringan bila Anda menjalankannya dengan ‘santai tapi serius’. Ambil waktu break Anda untuk meningkatkan kembali mood. Misalnya, dengan bermain di kantor atau mengalihkan sejenak perhatian dengan belajar sesuatu yang baru. Barang kali dengan itu ide atau inspirasi Anda kembali muncul.

Menyelesaikan masalah
Seringnya kita menghadapi masalah pekerjaan yang sulit, namun tidak ingin mencari solusinya. Nah, Anda tidak diajak untuk meninggalkan persoalan Anda, sebaliknya seorang yang kreatif akan mencari solusi penyelesaian saat tengah menghadapi masalah. Dan inilah kreatifitas itu, datang disaat Anda berada dalam situasi genting.

Wanna be creative, berarti rela mengubah kebiasaan yang tidak baik dan melangkah memulai hal baru yang dapat meningkatkan produktifitas dan kualitas kerja yang semakin baik. Siapkah Anda menjadi pribadi kreatif dan dapat menginspirasi rekan kerja serta orang-orang disekitar Anda?  


Baca Juga Artikel Lainnya:

Siap Kalah, Prabowo: Saya Hormati Apapun Keputusan Rakyat

 

Mohammad Zoabi : Saya Seorang Arab Israel, Muslim dan Zionis

 

Istriku Sampai Heran Melihatnya

 

Purnomohadi: Arsitek Sukses Dibalik Stadiun Gelora Bung Karno

 

Kisah Rachellia, Dikuasai Hasrat Menjadi Pria


Sumber : Kompas.com/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami