Kecanduan Gadget Dapat Turunkan Konsentrasi Kerja
Sumber: 123rf.com

Career / 5 November 2013

Kalangan Sendiri

Kecanduan Gadget Dapat Turunkan Konsentrasi Kerja

Lori Official Writer
5158

Dewasa ini, tak dimungkiri bahwa pertumbuhan gadget khususnya ponsel menjadi sangat subur. Kecanggihan yang dilengkapi dengan berbagai applikasi tertentu membuat hampir semua pengguna tergoda hingga mengalami addicted atau kecanduan.

Dari mahasiswa hingga pekerja menjadi konsumen terbesar gadget canggih masa kini. Nah, ini menjadi persoalan krusial yang harus diperhatikan oleh pekerja lantaran erat hubungannya dengan fokus kerja. Seringnya, kecanduan smartphone atau ponsel pintar yang dilengkapi dengan applikasi games, BBM, media sosial (Facebook dan Twitter), path dan sebagainya, tampak hanya akan menyita waktu saja.

Tiga kebiasaan penggunaan ponsel berikut menjadi sumber utama penurunan konsentrasi kerja.

Bermain games tanpa kenal waktu

Games menjadi salah satu media pengalihan rasa stress atau bosan ketika bekerja sehingga akan terasa sulit rasanya bagi Anda yang sudah kecanduan untuk berhenti dari itu. Rata-rata games hanya akan membuat Anda kecanduan sehingga tidak ingin berhenti untuk terus mencoba dan Anda pun lupa waktu.

Membuka Media Sosial

Pada umumnya para pekerja tentu mengalami hal ini. Tanpa disadari, tujuan awal yang sebenarnya hanya sekedar mengetahui informasi terkini lewat Facebook, Twitter dan sebagainya malah menguras waktu lantaran keinginan untuk menjalin komunikasi dengan teman-teman di dunia maya.

Menghabiskan waktu membalas notifikasi Chat di Blackberry

Kehadiran Chat BBM seolah memaksa penggunanya untuk tetap aktif berkomunIkasi selama 24 jam. Dengan adanya notifikasi yang masuk dengan nada khas pengaturan BB tertentu, mau tidak mau maka perhatian Anda akan terbagi dan teralih untuk merespon chat, pekerjaan pun terbengkalai.

Jadi bila kebiasaan-kebiasaan di atas sudah semakin merenggut konsentrasi kerja Anda, segeralah mendisiplinkan diri. Salah satunya dengan memiliki time management yang baik setiap harinya dan cobalah untuk puasa dari gadget atau sosial media Anda dalam kurun waktu tertentu. Alhasil, disiplin diri akan berubah menjadi kebiasaan Anda. Ingat bahwa konsentrasi sangat menentukan produktifitas kerja!


Baca Juga Artikel Lainnya:

Ini Tandanya Anda Perlu Pindah Dari Tempat Kerja Sekarang (1)

Lita Zein, Dari Penyanyi Rohani Hingga Go Internasional

Tolak UMP, Buruh Ancam Aksi Lanjutan

Ahok Nilai Pohan Ngawur Soal Penyadapan AS

Atlet Unggulan Olimpiade Ini Ajak Masyarakat Gemar Berolahraga

Sumber : Kompas.com | Jawaban.com | Lori
Halaman :
1

Ikuti Kami