5 Tips Menyikapi Tekanan di Tempat Kerja
Sumber: cumicumi.com

Career / 25 June 2013

Kalangan Sendiri

5 Tips Menyikapi Tekanan di Tempat Kerja

andreas rumata simanjuntak Official Writer
10455

Dalam setiap profesi, tekanan pekerjaan pasti ditemui. Sebagai karyawan yang ingin senantiasa berkembang, tentulah Anda tidak boleh membiarkan hal ini menghentikan langkah Anda.

Sebelum Anda salah menyikapi tekanan di tempat kerja Anda, ada baiknya Anda menyimak tips-tips berikut :

1. Ingat kembali cara menyelesaikan masalah

Pastinya Anda di masa lalu pernah mengalami sejumlah masalah. Meski tidak berkaitan dengan dunia kerja, tetapi cara Anda mengatasi problem saat itu akan sangat membantu ketika Anda berhadapan dengan persolan di kantor Anda. Ingatlah pengalaman itu dan terapkan di dalam kasus Anda.

2. Ingat kembali motivasi Anda bekerja

Saat Anda merasa pikiran sedang mumet dan fisik Anda lelah, ingatlah kembali apa yang mendorong Anda untuk bekerja di tempat Anda bekerja sekarang. Masa depan si buah hati kah, rencana pesta pernikahan, orang tua, atau sebuah rumah yang Anda idamkan. Jadikan semua harapan ini sebagai motivasi Anda.

3. Jangan memaksakan diri

Disaat Anda merasa banyaknya tugas sudah diluar kemampuan Anda, cobalah meminta bantuan kepada karyawan lain yang mampu mengerjakannya. Atau, bahas kesulitan yang Anda alami dengan pimpinan Anda. Jika memungkinkan, memohonlah kepada bos Anda untuk diberikan keringanan tugas.

4. Curhat dengan karyawan lain

Tidak baik memendam masalah seorang diri. Oleh sebab itu, bila Anda memiliki  rekan kerja, janganlah segan untuk berbincang dengannya tentang apa yang Anda alami. Selain dapat memperkuat jalinan pertemanan, cara ini juga dapat memberi Anda sedikit kelegaan setelah menceritakan kesusahan Anda.

5. Hilangkan ketakutan Anda

Pada dasarnya tidak ada orang yang sempurna, jadi jangan takut melakukan kesalahan. Jangan terlalu keras pada diri sendiri saat melakukan kesalahan. Sebaliknya, tunjukkan Anda bisa mengambil pelajaran dari kesalahan itu dan tidak melakukannya lagi di masa depan.

Tekanan di tempat kerja akan membuat Anda senantiasa berkembang dari waktu ke waktu. Oleh karena itu, hadapilah senantiasa hal tersebut dengan keteguhan hati.

 

Baca Juga :

Hati-hati, Stres Kerja Dapat Hancurkan Pernikahan Anda

Magang Pada Masa Liburan Siapkan Anda Menuju Dunia Kerja

Tips Hemat di Tempat Kerja

Tips Liburan ala Backpacker

Sumber : berbagai sumber / andre
Halaman :
1

Ikuti Kami