Cerdas Siasati Tingginya Pengeluaran Kebutuhan Hidup
Sumber: kaskus.co.id

Career / 18 June 2013

Kalangan Sendiri

Cerdas Siasati Tingginya Pengeluaran Kebutuhan Hidup

Lori Official Writer
5401

Kenaikan harga BBM yang sudah disepakati oleh pemerintah dan akan segera diterapkan pada Juli mendatang pastinya akan berdampak pada kenaikan harga berbagai kebutuhan hidup. Oleh karena itu, saatnya untuk cerdas dalam menyiasati pengeluaran anda terutama bagi anda pegawai kantoran yang hanya bergaji pas-pasan.

Berbagai hal cerdas berikut ini dapat anda terapkan selain untuk menekan pengeluaran, anda juga dapat menyisihkan penghasilan anda sebagai tabungan hari depan.

Cari Tumpangan

Anda mungkin perantau yang jauh dari keluarga dan harus terpaksa tinggal dengan menyewa kos-kosan, jangan khawatir bagi sebagian karyawan/karyawati yang bekerja jauh dari keluarga dapat menerapkan hal ini, seperti menyewa rumah bersama dengan rekan kerja yang bernasib sama dan dekat dengan tempat kerja anda.

Cara lain yang anda dapat lakukan adalah dengan tetap menumpang ditempat keluarga anda yang berada di daerah dimana anda bekerja. Selain bebas biaya kos-kosan, anda juga akan bebas uang makan. Lumayan bukan!

Sedang untuk menghemat pengeluaran ongkos ke tempat kerja, anda dapat meminta teman kerja yang dekat dari tempat anda tinggal untuk bisa menumpang dengan kendaraannya. 

Jalan Kaki atau Bersepeda

Bila jarak dari tempat tinggal anda ke tempat kerja tidak terlalu jauh, maka jalan kaki maupun bersepeda akan menjadi alternatif yang menguntungkan anda. Selain dapat menghemat pengeluaran untuk ongkos, anda juga menerapkan pola hidup sehat dengan kedua alternatif ini.

Memasak Sendiri

Kesibukan bekerja seharian di kantor memang menjadi kendala bagi para pekerja kantoran untuk membiasakan diri untuk memasak sendiri di rumah. Namun anda akan rasakan keuntungan yang cukup signifikan bila anda membiasakan hal ini, karena membeli makanan di luar tentunya akan boros.Selain itu, masakan sendiri tentunya lebih sehat dan steril.

Bawa Botol Minum/Stok Kopi

Kebiasaan ngopi atau ngeteh di kantin kantor tentunya sangat disenangi oleh hampir seluruh karyawan. Namun jangan salah, kebiasaan ini sangat berpengaruh menggeser pengeluaran yang awalnya tak dialokasikan untuk itu. Anda dapat menekan pengeluaran untuk ini dengan membawa botol minuman atau stok teh atau kopi yang dapat anda sedu sendiri di kantor.

Kurangi Belanja Untuk Anggaran Bahan Bakar

Bagi anda yang memiliki kendaraan pribadi, pengeluaran untuk biaya bensin tentunya termasuk pada anggaran pengeluaran. Apalagi dengan kondisi harga BBM yang naik saat ini, memaksa anda untuk memangkas pengeluaran yang kurang penting lainnya dan mengalihkannya kepada anggaran pengeluaran bahan bakar. Hentikan kebiasaan anda yang konsumtif terhadap barang-barang baik elektronik atau pakaian dan alihkan untuk tambahan biaya bensin. Dengan demikian tingginya harga BBM tidak terlalu membebani anda.Cerdas bukan!

Hidup hemat dan sederhana tentunya akan sangat berpengaruh pada bagaimana anda menyiasati tingginya harga kebutuhan hidup saat ini. Mulailah dengan teratur dan disiplin!


Baca Juga:

7 Jurus Jitu Miliki Nilai Jual Untuk Lamar Pekerjaan

Gaji Bulanan Cepat Habis? Ini Sebabnya!

Alokasikan Uang Anda Secara Tepat

Lakukan 4 Langkah Ini Untuk Membiasakan Diri Menabung

Ada Apa Dengan Anak Dan Remaja Di Usia 4-14 Tahun?

Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami