Inilah Keunggulan Perempuan di Dunia Kerja

Career / 9 March 2013

Kalangan Sendiri

Inilah Keunggulan Perempuan di Dunia Kerja

daniel.tanamal Official Writer
4868

Hari perempuan sedunia kembali mengingatkan kita bahwa peran mereka sejak dulu hingga saat ini mempunyai ragam keberhasilan yang selalu meningkat. Terutama dalam era sekarang ini dimana banyak perempuan menjadi pemimpin dan menempati posisi yang dipercayakan banyak orang.

Dirilis kompas female Jumat (8/3/2013), saat pemaparan hasil survei Accenture: "Defining Success: Your Way" Sinthya Roesly, Direktur Utama PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (Persero) mengatakan bahwa perempuan memiliki banyak sifat yang lebih unggul dibandingkan pria. Keberhasilan perempuan untuk menaklukkan lingkungan kerja yang didominasi kaum pria ternyata dipengaruhi oleh beberapa hal, antara lain:

1. Social sensitivity
Dibandingkan pria, perempuan memiliki hati yang lebih lembut. Ini memang menjadi bagian dari kepribadian asli perempuan. Hanya saja, di dunia kerja yang maskulin, sifat ini ternyata bisa menjadi nilai positif bagi peningkatan karier. Social sensitivity ini akan membuat Anda lebih bisa berempati pada rekan kerja yang sedang bermasalah, sehingga rekan kerja akan merasa lebih diperhatikan dan punya dampak positif pada bawahannya.

2. Pandai mengelola risiko

Setiap keputusan yang diambil pasti mengandung risiko. Ketika mengalami kegagalan, perempuan dianggap lebih mampu mengorganisir risiko yang timbul dibandingkan pria. Di saat-saat terjepit dan mengecewakan sekalipun, perempuan ternyata memiliki banyak ide "darurat" yang justru bisa menyelamatkan karier. Tak heran jika perempuan dianggap bisa menciptakan banyak peluang baru.

3. Detail

"Perempuan adalah sosok yang sangat detail ketika melakukan segala sesuatunya. Ia ingin semuanya berjalan sesuai rencana dan terarah," tambah Sinthya. Perempuan juga sosok yang sangat penuh persiapan, dan terorganisir. Sifat ini akan membantunya untuk bekerja dengan lebih baik dan cepat selesai. Sifat ini juga akan membantu perempuan untuk mendapatkan kehidupan kerja dan keluarga yang seimbang.

4. Profitability
Menurut banyak penelitian, perempuan memiliki kemampuan kepemimpinan, pengambilan keputusan bisnis, serta tata kelola perusahaan yang lebih baik. Hal ini akan membantu perempuan untuk meningkatkan laba perusahaan.

 

 


 

Sumber : kompas female
Halaman :
1

Ikuti Kami