Mau Sukses? Bersyukur Yuk

Career / 27 October 2012

Kalangan Sendiri

Mau Sukses? Bersyukur Yuk

Puji Astuti Official Writer
11161

Anda ingin sukses baik dalam karir maupun segi kehidupan yang lain? Jika jawaban Anda “ya”, caranya sangat mudah : mulailah bersyukur saat ini.

“Tetapi kan saya belum sukses, apa yang harus disyukuri?”

Jika itu pertanyaan Anda, mari kita mulai mendalami hal ini bersama. Biasanya orang akan bersyukur saat menerima promosi ataupun sesuatu yang baik dalam hidupnya. Namun sikap penuh syukur bukanlah seperti itu. Sikap penuh syukur adalah kualitas seseorang yang selalu bersyukur dalam keadaan apapun. Untuk mengingat perasaan yang penuh syukur mari kita ingat suatu peristiwa di masa lalu : mungkin itu adalah saat Anda mendapat diagnosa yang menakutkan dari dokter tentang kesehatan Anda, namun setelah berdoa dan melakukan medical check up kondisi tubuh Anda sangat sehat. Bukankah Anda saat itu akan mengucapkan “Terima kasih Tuhan” dengan penuh haru?

Atau mungkin suatu hari Anda mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK), namun dengan cara yang ajaib Tuhan mempertemukan Anda dengan seorang sahabat yang berakhir pada kerjasama bisnis. Sekalipun awalnya mungkin penghasilan Anda tidak begitu besar, tetapi Anda pasti sangat bersyukur karenanya bukan?

Perasaan bersyukur seperti itu jangan pernah dilupakan, dan jangan menunggu sebuah situasi luar biasa untuk bersyukur. Mari bersyukurlah dalam kondisi yang paling biasa sekalipun.

Geoffrey James dalam sebuah artikel yang dirilis di Inc.com menyatakan bahwa bersyukur adalah otot emosional yang dapat memperkuat kehidupan.

“Orang yang menjalani kehidupan dengan penuh syukur secara konstan menyadari hal apa yang indah dalam hidupnya. Karena mereka menikmati buah kesuksesan mereka maka mereka mendapatkan lebih banyak lagi keberhasilan. Dan ketika sesuatu tidak berjalan sesuai dengan rencana mereka, orang yang penuh syukur dapat melihat kegagalan dalam sudut pandang yang berbeda.”

Bagaimana memiliki sikap penuh syukur?

1. Sadarilah bahwa hidup Anda bukanlah kebetulan

Apapun yang Anda kerjakan dan jalani setiap hari, sadarilah bahwa semua itu bukan suatu kebetulan. Tuhan telah merancangkan suatu hal yang baik dalam kehidupan Anda, namun untuk rancangan Tuhan itu bisa terwujud semuanya membutuhkan proses. Sikap penuh itu harus kita praktekkan selama menjalani proses tersebut, sehingga menghasilkan sikap optimis dan berujung kepada keberhasilan.

2. Sadari bahwa bersyukur menghasilkan energi

Hal ini harus kita sadari, bahwa sikap penuh syukur akan menghasilkan semangat dan energi yang memampukan kita menghadapi tantangan seberat apapun. Sebaliknya, mengeluh dan menggerutu akan menghabiskan energi kita dan mematahkan semangat.

3. Sadari bahwa sikap gembira dan penuh syukur membuat kita kreatif

Tahukah Anda bahwa menggerutu dan marah akan mengurangi IQ atau kecerdasan seseorang? Sebaliknya orang yang penuh syukur akan membuat orang tersebut lebih terbuka dengan ide-ide baru dan kreatif.

Nah, dengan banyaknya keuntungan sikap bersyukur ini, mari kita lebih banyak menyampaikan terima kasih kepada Tuhan atas setiap hal yang kita miliki saat ini. Jangan biarkan kekesalan dan rasa kecewa mencuri berkat-berkat yang telah Tuhan sediakan karena gerutu yang kita ucapakan. Bersyukur akan menuntun kita kepada anak tangga kesuksesan, jadi bersyukur yuk…

Sumber : Forbes.com | Jawaban.com | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami