Eugene Kaspersky, Sempat Ditertawakan Karena Masuk Jurusan Kriptografi
Sumber: itp.net

Career / 2 January 2014

Kalangan Sendiri

Eugene Kaspersky, Sempat Ditertawakan Karena Masuk Jurusan Kriptografi

Budhi Marpaung Official Writer
4164

Kaspersky, tentu bukanlah nama yang asing khususnya bagi Anda yang memiliki atau kerap berhubungan dengan yang berbau komputer. Salah satu merek perangkat lunak ini merupakan antivirus yang terbukti ampuh memberantas virus-virus yang sifatnya mengganggu.

Adapun tokoh di balik sukses Kaspersky hingga kini adalah Eugene Kaspersky. Pria kelahiran Novorossiysk, Rusia, 48 tahun lalu tersebut merupakan penggagas, pendiri, dan CEO dari Kaspersky Lab.

Jauh sebelum ia mendirikan perusahaannya ini, Kaspersky merupakan mahasiswa cerdas yang mengambil jurusan Kriptografi. Sebagai informasi, Kriptografi merupaka bagian ilmu matematika dan ilmu komputer dalam bidang pengamanan informasi dan rekayasa perangkat lunak. 

Pada zamannya (mungkin sampai kini juga, red), Kriptografi merupakan jurusan eksklusif. Saking eksklusifnya, bukan sanjungan yang didapat oleh orang-orang di sekitarnya, melainkan ejekan.

Meski ditertawakan, Kaspersky terus menjalani keputusannya. Selepas bangku kuliah, Eugene bekerja di pemerintahan. Ketika di pemerintahan ini, ia berhasil menangani virus bernama cascade dengan perangkat lunak yang ia ciptakan sendiri. Sejak itu, ia kemudian semakin tertarik mengembangkan perangkat lunak pengamanan virus komputer.

Di tahun 1989, Kaspersky bergabung dengan perusahaan perangkat lunak bergengsi di Rusia dalam mengembangkan perangkat lunak antivirus (AVP). Setelah cukup memiliki pengalaman di bidang tersebut, Kaspersky dan istrinya Natalya, memutuskan mendirikan Kaspersky Lab dan mengubah AVP menjadi Kaspersky Antivirus pada tahun 2000.

Saat pertama kali didirikan, Kaspersky Lab hanya memiliki 15 orang pekerja dan penghasilan 0 rubel. Namun seiring banyaknya permintaan akan pengamanan teknologi komputer yaitu antivirus, Kaspersky Antivirus semakin dikenal dan banyak digunakan oleh para pengguna komputer.

Berdasarkan data yang didapat, pada tahun 2008 silam, Kaspersky Lab sudah memiliki 1.000 karyawan di 20 kantor cabang di seluruh dunia dan memiliki penghasilan 300 juta dolar Amerika Serikat.

 

Pelajaran yang bisa diambil dari kisah sukses Eugene Kaspersky di atas : Tekunilah bidang ilmu pengetahuan yang telah Anda ambil karena pada saatnya ilmu pengetahuan tersebut akan membantu Anda kepada tangga kesuksesan.

 

Baca juga :

Stefano Sanjaya : Kaget Bisa Menang IGPL

Tuhan Memulihkan Rumah Tangga Kami

Tahun Baru, Harapan Baru

Makanan Tahun Baru di Jepang

Mempersiapkan Liburan Tahun Baru yang Tak Terlupakan

Kaleidoskop 2013 : 12 Aksi Nyata Jokowi-Ahok Benahi Jakarta (1)

Sumber : ciputraentrepreneurship.com / bm
Halaman :
1

Ikuti Kami