Renjani Tanujaya, Pengusaha yang Tak Pernah Bermimpi Jadi Pebisnis
Sumber: inilah.com

Career / 26 December 2013

Kalangan Sendiri

Renjani Tanujaya, Pengusaha yang Tak Pernah Bermimpi Jadi Pebisnis

Budhi Marpaung Official Writer
9921

Banyak dari Anda mungkin tidak asing lagi mendengar merek produk perkakas rumah tangga, Jason Tools & Hardware Series. Merek yang telah berkembang pesat dan menyebar di hampir seluruh Indonesia dengan lebih dari 1.500 item itu ternyata  didirikan oleh seorang pria bernama Renjani Tanujaya.

Menarik melihat Renjani membangun usahanya ini. Bagaimana tidak, pria yang dikenal sebagai family man tersebut dulunya mengaku tidak pernah bercita-cita terjun di dunia bisnis. Impiannya sedari kecil adalah bersekolah tinggi di Amerika Serikat. Namun, itu tinggallah angan-angan karena ekonomi keluarga yang pas-pasan membuatnya harus mencari pelabuhan aktivitas yang lain.

“Saya akhirnya bekerja. Apa saja saya lakoni, dari menjadi sales sampai calo,” ujarnya.

Menurut Renjani, gara-gara profesi sebagai sales dan calo, ia sering dikecilkan orang lain.

“Yang paling banyak, ya korban perasaan dan waktu. Karena relasi bisnis biasanya ingin berhubungan dengan perusahaan yang besar. Tapi dengan ketekunan dan kerja keras, semua bisa saya lalui,” ujar Renjani.

Tiga tahun bekerja di perusahaan orang lain, Renjani pun memutuskan untuk berwirausaha. Saat memulai berbisnis, ia melakukannya seperti seorang pedagang yang membeli barang-barang untuk dipasarkan kembali di Surabaya.

Memasuki tahun 1996, Renjani akhirnya beralih peran yakni dari seorang pedagang menjadi seorang importir. “Saat itu belum ada brand yang kami buat. Kami hanya memasarkan produk tersebut tanpa merek,” ucap pria kelahiran Surabaya, 5 September 1967 itu.

Di saat banyak importir tanah air yang memesan barang-barang buatan China, Renjani juga mengikutinya. Barang-barang perkakas rumah tangga yang menjadi fokus usahanya, ia pesan dari China dan Taiwan.

“Kami harus berani melangkah untuk mengimpor barang-barang yang belum populer di sini, tapi kami percaya produk ini nantinya bisa meroket,” ujarnya.

Sadar bahwa sebuah brand sangatlah penting dalam berbisnis, Renjani menggodok merek yang digunakan oleh perusahaannya. Lewat berbagai pertimbangan, lahirlah merek Jason – merek yang sama seperti nama putra keduanya.

Berjalan dengan waktu, Jason Tools & Hardware Series mendapat hati di para calon konsumen. Omset penjualan menanjak setiap tahun yakni dengan presantase 15%-20%.

Tak ingin hanya bersandar pada bidang perkakas saja, Renjani dengan perusahaan yang didirikannya, PT Mitra Usaha Pandu Artha, melebarkan sayap ke bidang properti.

“Suatu hari nanti harus ada generasi penerus yang dapat melanjutkan brand ini, karena saya tak mungkin bekerja selamanya,” jelasnya.

“Untuk bisnis ini saya masih belajar. Impian saya adalah memiliki retail house sendiri dan showroom untuk bisnis saya di berbagai daerah,” imbuhnya.

Melihat kesuksesan yang diraih kini, Renjani menyatakan bahwa semua didapat berkat semangatnya untuk bekerja keras, selalu jujur dan berani menghadapi tantangan.

Sementara itu, jika ada hal yang ingin diwujudkan ke depan, ia secara tegas mengatakan bahwa dirinya ingin mempunyai retail house sehingga di masa mendatang barang-barang Jason Tools & Hardware Series bisa diproduksi di dalam negeri sendiri.  

 

Baca juga : 

Jack Sim, Pemilik 16 Perusahaan yang Banting Stir Jadi Pekerja Sosial

Dua Negara Ini Alami Hujan Salju Pertama Saat Natal

Berdoa di Dalam Hutan

Mujizat Kesembuhan Terjadi Dalam Hidupku

Thread Forum JC : Bakti Sosial (Berbagi Kasih Dengan Anak-Anak Tanah Merah - OBI 

Sumber : inilah.com / bm
Halaman :
1

Ikuti Kami