Raup Keuntungan dari Bisnis Pelatihan
Sumber: Evolllution.com

Investment / 4 June 2014

Kalangan Sendiri

Raup Keuntungan dari Bisnis Pelatihan

Lori Official Writer
9828

Meski pada umumnya berbisnis berkaitan erat dengan modal usaha, namun Anda patut menyadari bahwa keterampilan merupakan modal besar yang dapat Anda jadikan sebagai usaha. Salah satunya adalah usaha pelatihan kerja, pemberian motivasi-motivasi atau seminar-seminar.

Tengok saja kiprah motivator-motivator seperti John Maxwell, Mario Teguh, Merry Riana hingga Andrie Wongso. Mereka kini banyak diundang dalam beragam seminar maupun talkshow terkait keterampilan yang dimilikinya.

Namun sebelum mulai melangkah dan memutuskan terjun membangun usaha ini, ada baiknya bila Anda memahami poin-poin dibawah ini:

Fokus utama pelatihan

Pertanyaannya adalah bisnis pelatihan apa yang memberikan peluang besar bagi Anda? Dilihat dari peluang yang ada, konsultasi  dan pelatihan karir cukup banyak diminati masyarakat.  Seperti bisnis pendidikan dan pelatihan keterampilan untuk Sekolah Dasar hingga Perguruan Tinggi. Kebutuhan akan beragam ilmu keterampilan bagi anak didik dan mahasiswa dapat diperlengkapi dalam bentuk seminar atau workshop keterampilan dan entrepreneurship.

Selain itu, perusahaan-perusahaan juga kerap mencari lembaga pelatihan untuk memperlengkapi karyawannya, baik untuk peningkatan kualitas kerja atau pengembangan diri. Tak sedikit dari perusahaan ternama kemudian menjatuhkan pilihan kepada lembaga penyedia pelatihan kerja. Anda hanya perlu menawarkan pelatihan yang mereka butuhkan. Namun bisnis pelatihan ini sangat tergantung pada keterampilan dan pemahaman Anda dibidangnya.

Mematuhi etika yang berlaku

Sebagai lembaga konsultan dan pelatihan karir, Anda patut memahami sejumlah butir poin berikut ini:

- memiliki identitas professional dalam komitmen melaksanakan kewajiban.

- memediasi kebutuhan pelanggan seperti kebutuhan sendiri.

- memiliki keinginan diterima pelanggan dengan cara yang asik.

- memiliki kemampuan untuk mempengaruhi dan diterima oleh pelanggan.

- menawarkan kemampuan untuk mempengaruhi dan diterima oleh pelanggan.

- menawarkan alternatif praktis yang memberikan kemungkinan adanya perubahan tindakan.

Banyaknya lulusan sarjana yang tengah mencari lapangan kerja menjadi salah satu target besar bagi Anda untuk menawarkan beragam pelatihan atau training dan workshop. Anda tak perlu meragukan peluang bisnis ini, namun ingat bahwa Anda patut memberikan penawaran yang menguntungkan bagi klien Anda.

 

Baca Juga Artikel Lainnya:

Tingkatkan Kualitas Kerja Lewat Training

Strategi Sukses Memulai Usaha Kecil

Menteri Sibuk Timses, SBY : Silahkan Mundur

Jemmy Suhadi, Ada Berkat Dibalik Kerusuhan

Stop Blaming, Akui dan Ampuni

Sumber : Berbagai Sumber/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami