Usaha Mainan Edukasi, Mendidik Sekaligus Menguntungkan
Sumber: Sahurinur.com

Investment / 16 April 2014

Kalangan Sendiri

Usaha Mainan Edukasi, Mendidik Sekaligus Menguntungkan

Lori Official Writer
6353

Kendati beragam permainan canggih melalui internet telah tersedia saat ini, namun tampaknya eksistensi usaha di bidang mainan edukatif dan tradisional masih tetap meningkat. Pada tahun 2013 saja, penjualan mainan mendidik ini terjual hingga mencapai Rp60 Miliar. Nilai ini terus meningkat hingga mencapai 10-15 persen setiap tahunnya.

Menurut data dari Asosiasi Penggiat Mainan Edukatif dan Tradisional Indonesia (APMETI), terdapat sebanyak 24 pelaku usaha mainan ini yang sudah tergabung didalamnya. Dan penjualan masing-masing dapat mencapai 6000 unit per bulan dengan kisaran harga Rp70/unit.

Bersifat mendidik dan menguntungkan

Selain orientasi pada usaha, usaha permainan lokal secara tidak langsung berguna untuk mendidik setiap anak untuk mengenal dan melestarikan permainan tradisional. Seperti permainan dakon, kelereng, layangan, lego dan puzzle.

Beragam jenis permainan itu, diharap dapat sekaligus menjadi media pembelajaran yang menyenangkan dan juga secara langsung berdampak bagi pertumbuhan industri mainan.

Target pemasaran

Bertambahnya sekolah-sekolah bagi anak-anak usia dini atau PAUD, sangat berdampak positif terhadap industri mainan. Dengan itu, permainan tradisional dan edukatif akan sangat dibutuhkan untuk mengajak anak-anak mengasah pengetahuannya lewat permainan, misalnya permainan puzzle atau lego.

Sayangnya, usaha ini mendapat tekanan besar dari banjirnya produk mainan impor yang tak kalah menarik dan variatif. Kendala ini dapat diatasi dengan menjalankan strategi yang baik, yakni dengan secara langsung menyasar lembaga-lembaga pendidikan. Selain itu, anda juga dapat memanfaatkan internet sebagai media pemasaran yang potensial.

Usaha yang tak sekedar hanya bisnis, namun juga mendidik generasi ini untuk lebih kreatif. Tertarik merintis usaha ini?


Baca Juga Artikel Lainnya:

Pengadilan India Beri Identitas Resmi Kaum Transgender

Asuransi Kesehatan, Investasi Penting Keluarga

Hilangkan Stres Kerja Dengan Permainan Kreatif

Petinju yang Kandas Mencari Pengakuan di Ring Tinju

Memberkati, Bukan Untuk Diberkati

Sumber : Berbagai Sumber/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami