Cerahnya Prospek Bisnis Onderdil dan Aksesoris Kendaraan
Sumber: Pengusaha.co

Investment / 28 February 2014

Kalangan Sendiri

Cerahnya Prospek Bisnis Onderdil dan Aksesoris Kendaraan

Lori Official Writer
11436

Populasi pengguna kendaraan mobil dan motor yang meningkat signifikan ternyata menyumbang pengaruh pada pertumbuhan bisnis onderdil dan beragam aksesoris kendaraan. Minat tinggi para pemilik kendaraan untuk mengubah tampilan motor atau mobilnya menjadi ide baru selain bisnis bengkel.

Sebagian besar pengendara akan merasa bangga jika kendaraannya dapat tampil trendy, gaya, unik dan berbeda. Dari sinilah para pebisnis bengkel mulai merambat melayani konsumen untuk memenuhi permintaan akan suku cadang, spare part racing, kostum motocross, modifikasi, helm, GPS dan stiker-stiker keren.

Bayangkan saja, untuk setiap itemnya saja dapat mencapai keuntungan mencapai 20-70 persen. Tapi tetap tak mudah untuk menjalankannya. Sebagai bisnis yang sudah banyak digeluti, Anda sebagai pengusaha perlu jeli dalam menjual barang yang banyak dicari oleh konsumen dengan cara melakukan survei terlebih dahulu.

Selain itu, Anda perlu memperhatikan tiga unsur penentu sukses usaha ini, seperti diuraikan di bawah ini.

Jenis barang yang dijual

Menurut survei di lapangan, barang-barang yang paling banyak diburu oleh konsumen adalah beragam onderdil dan aksesoris, seperti aksesories: stiker, helm, velg dan knalpot, serta onderdil: busi, kabel, rem, kampas rem, rantai dan beragam onderdil lainnya. Keuntungannya dapat mencapai dari Rp50-200 ribu per unit.

Lokasi strategis

Bidang usaha apapun, lokasi menjadi unsur penentu sukses tidaknya suatu usaha . Untuk itu, Anda perlu mencari lokasi yang strategis dan mudah dijangkau oleh kendaraan roda satu atau dua, misalnya dipinggir jalan raya, di dekat kampus dan kos-kosan.

Persaingan usaha

Pertumbuhan bisnis ini sudah tergolong luas, jadi tak perlu heran bila anda akan menemukan toko-toko onderdil dan aksesoris di mana-mana. Dengan persaingan ketat ini, anda perlu mengambil langkah unik dan berbeda sebagai bentuk persaingan yang sehat, misalnya dengan memberikan pelayanan tambahan, misal pelayanan gratis, pemberian diskon untuk sejumlah produk tertentu, harga ekonomis dan barang lengkap.

Bagi anak muda para ahli otomotif, sangat baik menjadikan bisnis ini sebagai usaha sampingan. Jangan takut mencoba kendati masih dimulai dari usaha kecil, siapa tahu dengan kerja keras dan ketekunan anda, usaha ini menjadi langkah awal penentu masa depan Anda. Berani coba?


Baca Juga Artikel Lainnya:

Kotak Kado, Peluang Bisnis di Hari-hari Besar

Rahasia Sukses Bisnis Ala Pengusaha China

Oleh-oleh Khas Daerah Tawarkan Keuntungan Menggiurkan

Ide Bisnis : Langkah-Langkah Membuka Usaha Bengkel Motor

Sumber : Berbagai Sumber/Jawaban.com/LS
Halaman :
1

Ikuti Kami