Memilih Badan Usaha Yang Tepat Untuk Bisnis Masa Depan
Sumber: google

Investment / 10 July 2013

Kalangan Sendiri

Memilih Badan Usaha Yang Tepat Untuk Bisnis Masa Depan

Puji Astuti Official Writer
7882

Salah satu hal yang cukup penting dalam memulai sebuah usaha adalah badan usaha, walau bisa juga memulai usaha terlebih dahulu dan kemudian badan usaha menyusul kemudian. Namun jika ingin usaha dapat berkembang dengan baik dan mempermudah dalam birokrasi maka badan usaha mutlak diperlukan, contohnya untuk pembayaran pajak, pengajuan kredit bank, keikutsertaan dalam tender dan mengklaim hak cipta.

Pemilihan jenis badan usaha pun sangat penting ketika merancang sebuah usaha dalam jangka panjang. Karena setiap jenis badan usaha memiliki tanggung jawab dan hak yang berbeda-beda.
Berikut adalah beberapa jenis badan usaha yang bisa menjadi pertimbangan bagi Anda :

1. Perusahaan perseorangan
Badan usaha ini modalnya dimiliki oleh satu orang, dan pemilik perusahaan bertanggung jawab penuh terhadap harta perusahaan. Sehingga bila perusahaan mengalami kerugian maka pemiliklah yang harus bertanggung jawab penuh atas kerugian tersebut, sebalik jika untung maka keuntungan tersebut sepenuhnya merupakan haknya.

2. Perseroan Terbatas (PT)
Perseroan Terbatas (PT) adalah perusahaan yang modalnya berasal dari para pemegang saham dimana manajemen diawasi oleh Dewan Direksi dan keputusan tertinggi diambil melalui rapat pemegang saham. Kelebihan dari badan usaha jenis ini, setiap pemegang saham memiliki tanggung jawab yang terbatas berdasarkan saham yang dimilikinya.

3. Persekutuan
Untuk badan usaha jenis persekutuan memiliki dua jenis yaitu bisa berupa Firma dan Persekutuan Komanditer atau CV. Sama seperti perusahaan perseorangan, dalam CV maupun firma, rekanan yang memiliki modal dalam badan usaha ini memiliki tanggung jawab tak terbatas atas harta perusahaan.

4. Koperasi
Badan usaha ini beranggotakan orang-orang atau badan hukum yang mendasarkan usahanya dengan gerakan ekonomi merakyat serta kekeluargaan. Salah satu ciri khas dari koperasi, anggotanya memiliki identitas ganda, yaitu selain pemilik, mereka juga pengguna jasa koperasi itu sendiri.

Untuk pendirian empat jenis badan usaha tersebut memiliki prosedur yang berbeda-beda, termasuk besaran modalnya. Untuk itu Anda perlu pertimbangkan baik-baik sebelum memilih badan usaha yang akan Anda dirikan, selain memberikan kepastian hukum dalam hak dan kewajiban, badan usaha akan sangat membantu untuk proses birokrasi dengan pihak pemerintah maupun saat Anda akan kerjasama dengan badan usaha lain.

Baca juga artikel lainnya :

Tingkatkan Laba, Perusahaan Perlu Siapkan Dana untuk Training

MUI Punya Saham di Perusahaan Golden Traders Yang Bermasalah

Peraturan Kantor yang Tak Lazim Diprotes Karyawan AS dan Australia

Belalang Pindahan

Bagaimana Jika Penghasilan Istri Lebih Besar?

Sumber : Berbagai sumber | Jawaban.com | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami