Kasih dan Kepedulian Akan Bantu Pulihkan Penderita Skizofrenia
Sumber: mahendratrivediscam.com

Serba-Serbi Sehat / 6 August 2013

Kalangan Sendiri

Kasih dan Kepedulian Akan Bantu Pulihkan Penderita Skizofrenia

Puji Astuti Official Writer
9230

Gangguan jiwa adalah penyakit yang sering mendapat pandangan negatif di masyarakat, hal ini disebabkan oleh kurangnya pengetahuan sehingga  orang yang menderita gangguan jiwa dianggap sebagai orang gila dan dikucilkan. Demikian juga penderita skizofrenia, akibatnya mereka menjadi malu dan menutup diri bahkan berakhir bunuh diri.

Skizofrenia adalah masalah kejiwaan akibat gangguan otak serius yang membuat seseorang mengalami distorsi cara berpikir, bertindak mengekspresikan emosi, memandang realita dan cara berhubungan dengan orang lain. Pada tingkat akut, penderita skizofrenia akan menarik diri dari pergaulan, mengalami halusinasi dan delusi, merasa dikontrol oleh kekuatan diluar dirinya hingga kehilangan fungsi kognitif.

Walau Skizofrenia ini hingga saat ini belum bisa disembuhkan, namun bisa dikendalikan dengan pengobatan yang teratur dan juga konseling serta penerimaan serta kepedulian dari keluarga dan sahabat.

“Lingkungan yang kondusif akan memanusiakan pasien skizofrenia sehingga mereka bisa melakukan berbagai aktifitas layaknya orang normal, tanpa ada stigma atau anggapan miring pada dirinya,”  demikian pernyataan Dr.Bambang Eko Sunaryanto, sp.KJ, Direktur Rumah Sakit Jiwa Dr.Rajiman Wediodiningrat, yang dikutip Kompas.com.

Sayangnya, karena penderita skizofrenia sering mengalami halusinasi atau mendengar bisikan-bisikan aneh, hal ini sering dihubungkan dengan hal-hal gaib oleh masyarakat. Bahkan ada yang dibawa ke dukun atau "orang pintar" yang akhirnya malah memperburuk kondisi si penderita.

Seperti yang diungkapkan Dr,Bambang, pasien yang mendapatkan pengobatan yang tepat dan juga terapi serta konseling dapat kembali hidup normal dan bersosialisi kembali. Hal yang sangat penting adalah menurunkan tingkat stres pada pasien, meningkatkan kepercayaan dirinya dan mendapat pendampingan medis yang tepat. Untuk itu kasih dan kepedulian kepada penderita skizofrenia sangat berperan penting dalam pemulihan mereka.

Baca juga artikel lainnya :

Orang Kota Lebih Rentan Terkena Skizofrenia Dibanding Orang Desa

Pelaku KDRT Kemungkinan Alami Gangguan Jiwa

Video News Thomas Sela, Manusiakan Orang Gila

Mau CD Album Jonathan Prawira dan WOW HITS 2012 Gratis?

Kista di Rahim Tidak Menghalangi Mujizat Tuhan

Sumber : WebMD | Kompas.com | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami