Berbagai Manfaat Puasa Untuk Kesehatan Tubuh

Serba-Serbi Sehat / 16 July 2012

Kalangan Sendiri

Berbagai Manfaat Puasa Untuk Kesehatan Tubuh

Budhi Marpaung Official Writer
7932

Puasa bukan lah hal baru dalam kehidupan manusia. Dari berabad-abad lalu, orang-orang sudah melakukan ini. Pria maupun perempuan, semua yang sudah dikategorikan remaja ke atas dianjurkan untuk mengambil waktu tidak makan, tidak minum, atau pun keduanya di waktu-waktu tertentu.

Namun begitu, bagi umat Kristen sendiri, fokus berpuasa sebenarnya adalah mencari wajah Tuhan. Berdoa dan mengambil waktu membaca firman Tuhan adalah kegiatan yang tidak boleh ditinggalkan ketika kita sedang melakukannya.

Sebagaimana kita ketahui puasa memiliki manfaat bagi kehidupan kita tidak hanya secara rohani, tetapi juga secara jasmani khususnya bagi kesehatan tubuh kita.

Namun menjadi pertanyaan selanjutnya, apa-apa saja sih sebenarnya manfaat puasa bagi tubuh? Berikut adalah jawabannya :  

1. Menurunkan Berat Badan

Jika Anda ingin menurunkan berat badan dengan diet, maka ganti diet Anda dengan puasa, karena dengan berpuasa jadwal makan dan minum akan teratur dengan baik, juga tidak berlebihan dan tidak juga menyiksa tubuh Anda. Tetapi Anda juga harus berhati-hati, proses penurunan berat badan saat berpuasa sulit terjadi jika saat berbuka, Anda lebih banyak mengonsumsi makanan tinggi gula dan kalori dibandingkan sayuran dan buah.

2. Menghilangkan Racun Dalam Tubuh

Kosongnya lambung saat Anda berpuasa membantu detoksifikasi (pembuangan racun didalam tubuh) dan kemudian prosesnya dioptimalisasi pada saat berbuka puasa. Penyerapan nutrisi didalam tubuh juga lebih efektif, nutrisi yang didalam makanan terserap sempurna sehingga meminimalisir penumpukan makanan yang membusuk ditubuh.

3. Menghilangkan /Meredakan Nyeri Pada Persendian

Siapa sangka, puasa juga bisa menjadi obat untuk meredakan penyakit yang satu ini. bagi orang yang menderita arthritis atau radang sendi. Sebuah penelitian menunjukkan adanya hubungan antara membaiknya radang sendi dan peningkatan kemampuan sel netrofil dalam membasmi bakteri. Netrofil, atau sel penetral merupakan unsur yang mampu menetralkan racun maupun bakteri penyebab radang sendi.

4. Mengurangi Konsumsi Cairan yang Berlebihan

Pengurangan konsumsi air selama puasa, bisa membantu mengatasi akumulasi cairan yang berlebihan pada tubuh. Proses ‘pengeringan’ ini akan mengatasi pembengkakan pada perut, kaki dan lutut yang sering dialami saat seseorang mengalami menstruasi.

5. Mengatasi Tekanan Darah Tinggi

Tak perlu berobat secara medis untuk mengatasi tekanan darah tinggi Saat berpuasa, otomatis kita akan lebih sedikit mengonsumsi makanan terutama yang mengandung lemak, gula dan kolesterol tinggi. Hal ini yang kemudian berdampak pada penurunan kolesterol dan gula darah. Jika disertai dengan diet makanan sehat saat sahur dan buka puasa, manfaatnya akan didapatkan dengan lebih optimal.

6. Puasa Sebagai Waktu Istirahat

Dengan berpuasa maka Anda secara tidak langsung telah memberikan waktu bagi tubuh dan sestem pencernaan untuk beristirahat. dengan begitu beberapa organ pencernaan dalam tubuh seperti kerongkongan, usus, lambung bisa bekerja lebih baik saat Anda mulai mengkonsumsi makanan lagi ketika berbuka puasa.

Semoga apa yang dibagikan diatas menggairahkan Anda untuk setidaknya mengambil bagian dalam berpuasa. Tidak perlu harus kuat berjam-jam dahulu baru Anda berpuasa. Mulailah dengan 3-5 jam, jika ini sudah bisa dilewati baru tingkatkanlah secara perlahan-lahan waktu berpuasanya.

Hanya diingatkan sekali lagi, puasa bukan lah kegiatan untuk memamerkan seberapa kuat kita menahan lapar atau minum atau keduanya. Ini adalah ibadah yang kita khususkan agar dapat semakin mengenal Tuhan dan kehendak-Nya di dalam kehidupan kita.  

Akhir tulisan, bagi Anda yang ingin berpuasa silahkan ambil kegiatan puasa dan bagi yang sudah melakukannya dengan baik, terus kerjakan puasa Anda sesuai dengan waktu yang Anda telah tentukan / komitmenkan !

Baca juga : 

Forum JC : Kopdar Photo Hunting

Taksi Ferrari Hanya Buat Main Sinetron

Jutaan Kristen Injili Brasil Berpawai Untuk Yesus 

Sumber : uniqpost.com / bm
Halaman :
1

Ikuti Kami