Awali Tahun Baru dengan Resolusi Sehat Ini!

Info Sehat / 2 January 2014

Kalangan Sendiri

Awali Tahun Baru dengan Resolusi Sehat Ini!

Yenny Kartika Official Writer
4175

Selamat datang tahun 2014! Apakah Anda merasa tahun lalu dipenuhi dengan kebiasaan buruk yang merusak kesehatan atau membuat Anda sakit-sakitan? Jika ya, maka awal tahun ini merupakan momen tepat untuk membuat resolusi-resolusi sehat.

 

#1 Resolusi: Atur Porsi Hidangan Anda

Sebuah studi yang diterbitkan di MedicineNet.com menunjukkan bahwa ukuran peralatan makan dapat mempengaruhi porsi makan Anda. Jadi, kalau tidak ingin rakus di tahun ini, ganti piring, mangkok, bahkan sendok Anda dengan ukuran yang lebih kecil.

 

#2 Resolusi: Bergeraklah!

Rahasia mengapa banyak orang tetap langsing adalah melakukan kegiatan bergerak setiap hari. Untuk orang dewasa, tubuh harus bergerak minimal 30 menit sehari. Gerakan yang menyehatkan tentunya bisa beragam, mulai dari jalan kaki ke kantor, mengepel lantai, membersihkan tempat tidur, dll.

 

#3 Resolusi: Perbanyak Konsumsi Antioksidan

Ketika tubuh memproses makanan, maka molekul yang disebut radikal bebas akan dihasilkan. Rokok dan radiasi juga menghasilkan radikal bebas. Seiring berjalannya waktu, radikal bebas dapat menyebabkan kerusakan tubuh seperti infeksi, kanker, dan penyakit jantung. Nah, antioksidan dapat membantu mengatasinya. Sebuah ilustrasi dari American Dietetic Association menjelaskannya sebagai berikut: apel yang dikupas akan berubah menjadi kecoklatan jika didiamkan begitu saja. Namun jika potongan apel tersebut dimasukkan ke dalam sari buah jeruk yang mengandung vitamin C (antioksidan), maka warnanya tetap putih.

Untuk melindungi tubuh Anda, perbanyak asupan antioksidan, yang banyak terdapat di buah delima, kopi, dan cokelat.

 

#4 Resolusi: Berhentilah Merokok

Bagi mereka yang pecandu berat nikotin, berhenti merokok adalah perjuangan yang tidak mudah. Tetapi lebih baik dilakukan sekarang ketimbang menuai akibatnya di kemudian hari. Pikirkan bahaya rokok yang akan mengancam nyawa Anda, dan dampak positif yang akan Anda raih jika Anda berhenti merokok sekarang—dengan begitu menghentikan kebiasaan merokok akan menjadi lebih mudah.

 

#5 Resolusi: Lindungi Diri dari Sinar Matahari

Paparan sinar mentari dapat mempengaruhi siapa saja. Menurut National Cancer Institute, kanker kulit biasanya terjadi di usia 50 tahun ke atas, tetapi kerusakan kulit bisa dimulai sejak usia dini. Sinar matahari berlebihan juga dapat menimbulkan bintik hitam dan keriput sebelum waktunya. Untuk perlindungan, gunakan kacamata hitam dan krim tabir surya saat beraktivitas di luar ruangan.

 

#6 Resolusi: Berpikir Positif

Mengharapkan yang terbaik untuk diri kita merupakan salah satu kunci untuk menjadi pribadi yang sehat, baik secara jasmani maupun rohani. Pemikiran positif tentang diri sendiri dan orang lain juga membantu kelanggengan hubungan kita dengan sesama.

“Jadi akhirnya, saudara-saudara, semua yang benar, semua yang mulia, semua yang adil, semua yang suci, semua yang manis, semua yang sedap didengar, semua yang disebut kebajikan dan patut dipuji, pikirkanlah semuanya itu.” (Filipi 4:8)

 

Dengan mulai melakukannya dari sekarang dan menjadikannya kebiasaan, niscaya tindakan ini tidak lagi menjadi resolusi semata, tetapi menghasilkan benefit yang akan Anda tuai di akhir tahun, bahkan di masa-masa mendatang.

 

BACA JUGA:

Pasang Setengah Juta Lampu Natal, Keluarga ini Masuk Rekor Dunia

Diamlah!

Jangan Biarkan Otak Rusak Karena Kerja Berlebihan!

Jupe Ikut Rayakan Natal Bersama Gaston?

4 Alasan Kenapa Kita Seharusnya Tidak Pelit

Whispers of Hope: Berdoalah dengan Tanpa Henti

Gara-gara Pohon Natal, Tiga Wanita Berkelahi

Pohon Natal ini Diklaim Sebagai yang Terjelek Sedunia

Ini Dia 7 Pohon Natal Fantastis Sejagad Raya!

Sumber : Reader's Digest/yk
Halaman :
1

Ikuti Kami