Waspadai Bahaya Insomnia..!
Sumber: sleeping-with-a-sleeping-disorder.com

Info Sehat / 23 June 2013

Kalangan Sendiri

Waspadai Bahaya Insomnia..!

Lori Official Writer
4631

Menurut Dr.Moordiningsih,M.Si, salah satu dosen Fakultas Psikologi UMS mengatakan bahwa “Insomnia merupakan sebutan penyakit bagi orang yang tidak biss tidur dalam jangka waktu yang lama.” Seseorang yang mengalami kurang tidur ini akan cenderung merasa kelelahan dan mengantuk di jam kerja.

Para peneliti mengaitkan gangguan ini dengan penyakit kronis, gangguan jiwa dari ringan sampai serius. Demikian diuraikan berbagai penyakit kronis yang timbul akibat insomnia.

# Kematian Dini

Insomnia yang bersamaan dengan penyakit genetic Fatal Familial Insomnia dapat berdampak hingga pada kematian. Gangguan tidur bawaan ini dapat menyebabkan gangguan fungsi otak hingga kehilangan memori dan sulit mengendalikan gerakan. Penderita penyakit ini bisa meninggal bila mengalami kelelahan parah setelah beberapa waktu lamanya tidak memiliki waktu tidur yang normal.

# Stress

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa kebiasaan tidur terlalu larut malam berhubungan dengan peningkatan risiko depresi dan stress sebesar 24% dan akan mengakibatkan hasrat untuk bunuh diri sebanyak 20%. Selain itu resiko yang lain juga sangat rentan seperti paranoid atau ketakutan yang berlebihan dan gangguan jiwa bipolar.

# Darah Tinggi

Para ilmuwan di Henry Ford Center of Sleep Disorder membuktikan bahwa makin lama waktu yang dibutuhkan dari berbaring hingga terlelap diartikan maka semakin tinggi pula risiko hipertensi atau darah tinggi yang mengancam. Sama halnya dengan kebiasaan tidur yang tidak nyenyak dan sering terbangun di tengah malam akan terserang penyakit ini.

# Jantung

Sebuah studi yang diterbitkan di European Heart Journal menemukan bahwa Insomnia sangat berkaitan dengan risiko gagal jantung. Selama lebih dari 11 tahun, tim studi dari Universitas Skandinavia melacak beberapa kebiasaan tidur dan tingkat gagal jantung lebih dari 50.000 pria dan wanita. Melalui penelitian ini, orang-orang yang menderita insomnia mengakibatkan peningkatan gagal jantung hingga 5 sampai 14 % dibandingkan dengan mereka yang jam tidurnya normal.

Selain gagal jantung, insomnia juga mengakibatkan serangan jantung, detak jantung yang tidak teratur, tekanan darah tinggi serta serangan stroke.

#Kecelakaan

Penelitian membuktikan bahwa insomnia memainkan peran utama dalam kecelakaan mobil.  Setiap tahun lebih dari 100.000 kecelakaan mobil di jalan raya disebabkan oleh kantuk atau insomnia. Akibat dari kurang tidur di malam hari dan terganggunya knsentrasi dalam mengemudi.

Jadi bagi anda yang menderita insomnia atau gangguan tidur ini, segeralah berkonsultasi dengan dokter ahli anda. Tetap jaga kesehatan dan tidurlah dengan jam tidur yang normal.


Baca Juga:

Insomnia Ada Banyak Jenisnya, Lho!

Hati- hati, Mikir Kerjaan Saat Jam Tidur Bisa Bikin Insomnia Lho

7 Fakta Menarik Penyebab Insomnia

Mengungkap 6 Mitos Tentang Tidur

Bisnis Tetap Maju Tanpa Marketing

Halaman :
1

Ikuti Kami