Cuka dapat Gantikan Pap Smear Deteksi Serviks

Info Sehat / 19 June 2012

Kalangan Sendiri

Cuka dapat Gantikan Pap Smear Deteksi Serviks

daniel.tanamal Official Writer
4972

Salah satu cara untuk mendeteksi adanya abnormalitas dalam rahim perempuan ataupun utamanya dalam mendeteksi kanker serviks, adalah dengan menggunakan Pap Smear. Namun kini metode diagnosis yang baru dan lebih sederhana sangat dibutuhkan karena meningkatnya jumlah wanita muda penderita kanker serviks.

Dr. Cindy Firnhaber dari Helen Joseph Hospital di Johannesburg dan timnya mengeksplorasi cara lain untuk membantu wanita-wanita tersebut. Karena di beberapa negara tidak selalu ada laboratorium atau tenaga yang bisa membaca tes pap smear jadi Firnhaber dan timnya menggunakan cuka sebagai agen untuk mengidentifikasi sel-sel abnormal pada leher rahim.

"Di daerah pedesaan atau daerah yang sumber dayanya lebih sedikit, mereka tidak memiliki banyak ahli sitologi. Jadi metodologi lain yang telah bekerja dengan baik adalah Anda mengambil beberapa sel dari leher rahim dan meneteskan cuka di atasnya lalu tunggulah hingga warnanya berubah menjadi putih," kata Firnhaber.

Perubahan ini kemudian dibekukan dan disimpan untuk pemeriksaan lebih lanjut. Firnhaber mengatakan metode ini bersifat ekonomis, baik bagi para wanita dan berbagai institusi kesehatan. Meskipun metode cuka tidak sempurna karena akurasinya hanya sekitar 70 persen, namun metode itu merupakan kabar baik bagi wanita yang tidak memiliki akses untuk tes pap smear.

Disebutkan pula bahwa jika para wanita lebih bisa mengambil inisiatif untuk mengetahui kondisi tubuhnya maka mereka akan mendapatkan bantuan lebih cepat. Dr Firnhaber mengatakan metode pengujian cuka juga telah terbukti efektif mendeteksi sel pra-kanker pada wanita pengidap HIV-positif dan HIV-negatif.

Sumber : detiknews
Halaman :
1

Ikuti Kami