Inilah Organ Tubuh yang dapat Didonorkan

Info Sehat / 8 May 2012

Kalangan Sendiri

Inilah Organ Tubuh yang dapat Didonorkan

daniel.tanamal Official Writer
7378

Donor organ tubuh pada saat ini nampaknya menjadi hal yang menyeramkan bagi masyarakat. Hal itu terkait dengan penjualan organ tubuh hingga pencurian yang dilakukan untuk mendapatkan keuntungan. Namun pada hakikinya hal tersebut jauh berbeda dengan donor organ yang dilindungi.

Berikut ini beberapa informasi mengenai organ dan jaringan yang dapat didonorkan pada saat donor masih hidup.

Donor hidup

1. Ginjal

Individu yang hidup dapat menyumbangkan salah satu dari dua ginjalnya dan ginjal yang tersisa masih dapat menyediakan fungsi yang dibutuhkan untuk menghilangkan limbah dari tubuh. Sumbangan ginjal tunggal adalah prosedur donor hidup yang paling sering dilakukan.

2. Hati

Donor hidup juga dapat menyumbangkan salah satu dari dua lobus hati. Hal ini dimungkinkan karena sama seperti sel-sel kulit tumbuh kulit baru, sel-sel hati pada lobus sisa hati bisa tumbuh kembeli atau beregenerasi sampai hati hampir berukuran seperti aslinya. Regenerasi hati terjadi dalam waktu singkat di keduanya, donor hati dan penerima hati.

3. Paru-paru, pankreas dan bagian dari usus

Donor hidup juga memungkinkan untuk mendonorkan sebuah paru-paru atau bagian dari paru-paru, bagian dari pankreas dan bagian dari usus. Meskipun organ-organ ini tidak beregenerasi, baik porsi organ yang disumbangkan dan bagian yang tersisa pada donor sepenuhnya dapat berfungsi.

4. Jantung

Yang mengejutkan, organ jantung pun dapat disumbangkan saat masih hidup, tetapi hanya jika si pendonor menerima jantung pengganti. Ini terjadi hanya bila seseorang dengan penyakit paru-paru parah dan jantung yang berfungsi normal akan memiliki kesempatan lebih besar untuk bertahan hidup jika ia menerima transplantasi gabungan jantung dan paru-paru. Akibatnya, si penerima transplantasi jantung dan paru-paru itu, jika jantungnya berada dalam kondisi baik, ia bisa menyumbangkan jantungnya kepada individu lain yang hanya memerlukan transplantasi jantung.

5. Jaringan

Jaringan yang bisa disumbangkan oleh donor hidup adalah amnion, kulit, tulang, darah, sumsum darah, sel induk darah, dan tali pusat.

Sumber : detikhealth
Halaman :
1

Ikuti Kami