Simpan Rahasia Buat Anda Stres dan Sakit Fisik
Sumber: google.com

Psikologi / 30 November 2013

Kalangan Sendiri

Simpan Rahasia Buat Anda Stres dan Sakit Fisik

daniel.tanamal Official Writer
5407

Ternyata setiap orang menyimpan rahasia lebih cenderung memiliki masalah psikologis dan sakit fisik. Hal itu terkemuka atas sebuah penelitian dari Prof. Tom Frijns terhadap 278 remaja di International Journal of Behavioral.

Dalam penelitian itu menemukan bahwa mereka yang menyimpan rahasia mengalami pengendalian diri rendah, depresi dan kesepian. Nyatanya kedua gangguan itu bisa diobati hanya dengan orang itu menceritakan rahasia yang mereka simpan.

Prof. Tom Frijns mengevaluasi ulang remaja berusia 13-18 pada enam bulan berikutnya dan mendapatkan mereka yang menceritakan rahasia mereka lebih baik secara psikologis. Sementara mereka yang masih terus menyimpan rahasia, menunjukkan peningkatan masalah psikosisoal.

Sehingga dapat disimpulkan menjaga rahasia baik milik diri sendiri maupun rahasia orang lain tidak hanya mempengaruhi psikologis kesehatan kita tapi juga kesehaan fisik.

Studi profesor psikologis Anita Kelly dari Universitas Notre Dame pada tahun 1999 mengungkapkan, menyimpan rahasia bisa menimbulkan sakit kepala dan nyeri punggung.

 

Sumber : inilah.com
Halaman :
1

Ikuti Kami