Mengulik Empat Masalah Pada Rambut

Fit & Charming / 11 November 2011

Kalangan Sendiri

Mengulik Empat Masalah Pada Rambut

Lois Official Writer
3536

Biasanya rambut yang mempunyai masalah tertentu berkolerasi langsung dengan kesehatan Anda. Berbagai masalah rambut seperti rambut kering dan rapuh, menipis, rontok, serta ketombe bisa menjadi indikator dari kondisi kesehatan tertentu atau kurangnya gizi di dalam tubuh. Berikut ini adalah empat penyebab masalah rambut :

Rambut kering, rapuh, kusam, bercabang

Untuk kondisi rambut seperti ini, ada tiga alasan penyebab. Pertama, akibat penggunaan alat pengering rambut, catokan, proses kimia, menarik rambut terlalu ketat untuk dijadikan ekor kuda atau kepang, serta paparan sinar matahari yang berlebihan. Semua faktor tersebut dapat merusak lapisan kutikula pada batang rambut. Selain itu bisa juga karena kurangnya protein dan atau kelembapan pada rambut. Rendahnya tingkat hormon paratiroid dapat menyebabkan kalsium menurun dan fosfor naik. Hal ini juga dapat menyebabkan kulit bersisik.

Rambut tipis dan lemas

Penipisan rambut tidak sama dengan kerontokan rambut. Penipisan rambut adalah tekstur aktual dari rambut mengalami perubahan. Penipisan rambut biasanya merupakan indikasi dari tiroid aktif. Kadang, alis juga ikut menipis. Namun, alis tipis atau menghilang pasti merupakan indikasi yang jelas dari tiroid aktif. Konsultasikan masalah tersebut kepada dokter dan lakukan tes untuk menentukan kadar tiroid Anda jika hal ini menimpa Anda.

Rambut rontok

Kerontokan rambut masih terbilang normal jika jumlah rambut yang berguguran tidak lebih dari 100-150 helai per hari. Jika berlebihan, kondisi itu dapat disebabkan oleh perubahan hormon, obat-obatan, stress, gangguan makan (kekurangan nutrisi yang tepat) dan kesehatan yang buruk. Namun, jangan kuatir. Rambut yang rontok karena hal-hal di atas biasanya bersifat sementara dan akan tumbuh kembali.

Ketombe, psoriasis, eksim

Ketombe bukanlah kulit kepala yang kering, melainkan radang pada kulit kepala. Psoriasis adalah penyebab kerak tebal di kulit kepala, yang biasanya terdapat di garis rambut. Eksim juga dapat dikontrol dengan penggunaan shampo khusus.

Karena itu, luangkan waktu untuk melakukan perawatan dan memberikan asupan nutrisi yang dibutuhkan rambut dengan menggunakan masker rambut. Dan jika ada keluhan yang sangat mengganggu, silahkan hubungi dokter. Jadikan rambut Anda tidak hanya berkilau, tapi juga sehat. Dan ternyata, sisir yang dipakai juga bisa mempengaruhi kesehatan rambut.

Sumber : mediaindonesia/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami