Cegah dan Atasi Skizofrenia Dengan Makanan Sehat
Sumber: medindia.net

Gizi & Nutrisi / 5 August 2013

Kalangan Sendiri

Cegah dan Atasi Skizofrenia Dengan Makanan Sehat

Puji Astuti Official Writer
18445

Banyak peneliti percaya bahwa skizofrenia disebabkan oleh ketidakseimbangan kimiawi di otak. Bahkan setelah serangkaian riset mereka menemukan bahwa dengan konsumsi dan menghindari makanan tertentu dapat membantu mencegah serangan skizofrenia.

Hindari gula

Karena diabetes menjadi salah satu penyebab terbesar masalah kejiwaan ini, maka disarankan untuk menghindari konsumsi gula yang terlalu banyak, dan juga stimulan lainnya seperti karbohidrat, kafein, arkohol dan juga rokok.

Meningkatkan lemak esensial

Karena sebagian besar otak kita terdiri dari lemak, maka kita membutuhkan lemak esensial ini agar tetap sehat, terutama untuk pembentukan membran pada otak. Lemak esensial ini bisa di dapat dari  ikan Salmon dan Sarden yang mengandung asam lemak omega 3 dan omega 6 seperti.

Makanan yang mengandung anti-oksidan

Peneliti menemukan banyak kandungan oksidan dalam frontal korteks penderita skizofrenia, untuk itu disarankan makan makanan yang mengandunga anti-oksidan dan vitamin A, C serta E. Vitamin A serta C berfungsi sebagai anti-stres,  sedangkan vitamin E untuk memperkuat anti-oksidan.

Konsumsi makanan mengandung niacin

Niacin berfungsi mengatur sistem syaraf dan otak. Gandum utuh, kacang tanah, paprika dan juga tomat banyak anti-oksidan juga niacin (vitamin B3).  Selain dalam sayuran, niacin juga terdapat dalam babi panggang, ayam, hati sapi dan ikan.

Walau skizofrenia adalah penyakit kejiwaan, namun masalah utamanya terdapat pada jaringan otak penderita. Untuk itu cara terbaik untuk menghindari penyakit ini adalah dengan mengkonsumsi nutrisi yang dibutuhkan agar otak tetap sehat.

Baca juga artikel lainnya :

Orang Kota Lebih Rentan Terkena Skizofrenia Dibanding Orang Desa

Pelaku KDRT Kemungkinan Alami Gangguan Jiwa

Video News Thomas Sela, Manusiakan Orang Gila

Mau CD Album Jonathan Prawira dan WOW HITS 2012 Gratis?

Kista di Rahim Tidak Menghalangi Mujizat Tuhan

Sumber : WebMD | Fitday.com | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami