Keajaiban Gizi Makanan Tradisional Indonesia

Gizi & Nutrisi / 18 May 2012

Kalangan Sendiri

Keajaiban Gizi Makanan Tradisional Indonesia

Lois Official Writer
9933

Di Indonesia, ada begitu banyak makanan maupun minuman tradisional, rata-rata setiap daerah di Indonesia memilikinya. Ada pempek dari Palembang, ada sate dari Madura, ada rendang dari Padang, ada juga berbagai soto dari berbagai daerah. Makanan-makanan ini tentu mempunyai keunikannya dan keenakannya sendiri. Selain enak, tentu mempunyai suatu nilai kandungan yang perlu kita ketahui. Karena itulah, kali ini Jawaban.com mencoba menyajikan beberapa keterangan gizi yang ada di dalam berbagai makanan tradisional Indonesia.

Karedok

Karedok merupakan makanan yang berasal dari Jawa Barat. Karedok terdiri dari berbagai sayuran yang dicampur dengan bumbu kacang. Sayuran yang digunakan pada karedok merupakan sayuran mentah, yang umumnya terdiri dari kacang panjang, kol, tauge, daun selada, daun kemangi, mentimun, dan terung hijau. Tentu sayuran-sayuran itu membuat karedok menjadi salah satu makanan sehat karena sayuran merupakan gudang antioksidan dan serat pangan juga merupakan sumber dari vitamin A, D, dan E karotenoid. Selain vitamin, sayuran pun mengandung beberapa mineral yang dibutuhkan oleh tubuh kita seperti zat besi, seng, mangan, kalsium, dan fosfor.

Asinan

Asinan berasal dari berbagai daerah, ada yang dari Betawi, Banten, dan juga Bogor. Ini juga merupakan salah satu olahan makanan tradisional Indonesia yang terdiri dari sayuran dan buah-buahan mentah. Karena sehatnya, makanan ini dapat menangkal kanker dan hipertensi. Selain itu, asinan juga dapat membuat seseorang awet muda dan bebas osteoporosis, menurut Prof DR. Made Astawan seorang ahli teknologi pangan dan gizi. Hal ini dikarenakan cuka dan cabai yang digunakan sebagai bumbu sehingga mempunyai sifat antimikroba yang kuat.

Rujak

Entah darimana asal mula rujak ini, namun masyarakat Indonesia sudah sangat umum dengan makanan yang satu ini. Rujak adalah olahan dari berbagai buah yang dikupas dan dipotong disertai dengan bumbu pedas, ada yang memakai cabe dnegan garam, tapi ada juga yang lebih suka memakai bumbu cabe yang diuleg. Selain mengandung zat gizi dan non gizi yang baik bagi manusia, komponen buah diperlukan dalam gaya hidup yang sehat. Buah-buahan pada umumnya mengandung karoten dan vitamin C, selain itu tentu juga mengandung serat pangan yang tinggi.

Makanan Indonesia memang tidak kalah bermanfaat. Selain makanan-makanan di atas, ada banyak makanan lain yang juga bermanfaat. Contohnya saja seperti pempek yang memakai bahan utama ikan. Ikan punya banyak manfaat bagi tubuh. Karena itu, kita patut berbangga dengan makanan tradisional yang ada di Indonesia.

 

Baca Juga :

Biogragphy of Jussar Badudu

Putri Kami Bertahan Hidup dengan Jantung Berlubang

Aku Pergi Menangkap Ikan

Sumber : berbagai sumber by lois horiyanti/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami