Latihan Pilates dan 6 Manfaatnya
Sumber: flickriver.com

Solusi Sehat / 23 October 2013

Kalangan Sendiri

Latihan Pilates dan 6 Manfaatnya

Budhi Marpaung Official Writer
12365

Dua tahun terakhir, pilates menjadi olahraga pilihan kaum hawa di ibukota. Tidak hanya artis dan para wanita karir, para ibu rumah tangga pun banyak mengikuti latihan ini.

Selain menyehatkan, tentu ada sejumlah efek positif lain dari melakukan pilates secara teratur. Berikut ini adalah 6 manfaatnya :

1. Meningkatkan Keseimbangan dan Fleksibilitas.

Latihan pilates terfokus pada kekuatan otot perut (inti). Otot perut yang kuat meningkatkan keseimbangan tubuh secara menyeluruh. Saat latihan, otot-otot tubuh akan meregang, begitu pula dengan persendian. Gerakan peregangan inilah yang membantu fleksibilitas tubuh Anda

2. Membentuk Otot dan Mengikis Lemak.

Latihan pilates membantu memperkuat otot dan tulang, menggunakan berat badan Anda sendiri sebagai beban. Latihan yang rutin secara otomatis meningkatkan metabolisme. Saat metabolisme meningkat, pembakaran lemak dan karbohidrat maksimal. Secara tak langsung dapat mengurangi berat badan dan menjaga tubuh dalam kondisi ramping.

3. Memperbaiki Postur Tubuh.

Postur tubuh yang tak baik bisa menyebabkan berbagai gangguan seperti nyeri bahu hingga punggung. Dasar latihan pilates di antaranya menjaga agar garis tulang belakang lurus sesuai anatominya. Latihan ini bertujuan menjaga lengkungan alami tulang belakang. Sementara peregangan-peregangan dalam beberapa gerakan pilates membuat tubuh lebih tinggi dan tegap.

4. Meningkatkan Stamina dan Energi.

Pilates telah diakui dapat meningkatkan stamina tubuh, terlepas dari kondisi umur atau kondisi kesehatan seseorang. Latihan pilates menitikberatkan pada peregangan dan pengaktifan gerak tulang belakang, sehingga otak yang berhubungan dengan tulang belakang berkoordinasi sempurna dengan tulang belakang dan punggung saat bergerak pada waktu bersamaan. Gerakan berurutan ini, diatur dengan teknik napas yang baik, dapat meningkatkan stamina dan energi.

5. Relaksasi dan Melepas Stres

Latihan mengolah napas dan konsentrasi dalam pilates sedikitnya menyerupai meditasi. Tidak hanya menjernihkan pikiran, pilates memberi kita ruang dan waktu untuk fokus pada tubuh dan gerakan. Hubungan ini akan meningkatkan pemahaman kita akan fungsi-fungsi tubuh dan keseimbangan jiwa raga. Tubuh lebih relaks, pikiran lebih segar.

6. Awet Muda (Anti-Aging Benefit)

Usia tubuh kita ternyata berbanding lurus dengan usia tulang punggung kita. Jika kesehatan tulang punggung kurang baik atau kondisi badan Anda terutama otot inti lemah, Anda bisa terlihat lebih tua daripada usia Anda sesungguhnya. Nah, latihan pilates memberi penekanan pada letak postur yang baik dan keseimbangan.

Setelah mengetahui manfaat-manfaatnya, apakah Anda tertarik untuk mencoba Pilates? Apapun jawaban Anda terhadap pertanyaan ini, pastikan olahraga yang Anda lakukan senantiasa dikerjakan secara rutin. Sebab, percuma saja Anda ikut berbagai aktivitas jika pada akhirnya hanya sebentar-sebentar dipraktikan.


Baca juga :

Dua Ritual Ini Diyakini Mampu Kempeskan Perut Buncit Anda

Karena Ada Ujian Hidup

Dua Wanita, Satu Mujizat

Thread Forum JC : Dokumentasi Aksi Sosial (JCers Goes to Panti Rehab YBMI)

Young & Free, Album Keluaran Hillsong yang Benar-Benar Fresh

Sam Walton, Pengusaha Sukses yang Senantiasa Hidup Sederhana

End of Day

Sumber : plasa.msn.com / bm
Halaman :
1

Ikuti Kami