Inilah Enam Kelebihan Nasi Merah

Solusi Sehat / 8 November 2012

Kalangan Sendiri

Inilah Enam Kelebihan Nasi Merah

daniel.tanamal Official Writer
4449

Sudah banyak masyarakat yang mengetahui bahwa kandungan yang terdapat didalam nasi merah lebih bermanfaat dan sehat dari nasi putih. Namun masih jarang menjadikan nasi merah sebagai makanan utama. Nah bagi anda yang ingin hidup sehat dengan kualitas hebat, harus melihat enam kelebihan yang dimiliki nasi merah.

Profesor Ahmad Sulaiman dari Institut Pertanian Bogor (IPB) memaparkan enam kelebihan tersebut :

1. Lebih organik

Nasi adalah makanan yang dimasak dari jenis padi merah alias pagi gogo atau padi huma. Padi ini biasanya ditanam secara organik sehingga relatih lebih menyehatkan.


2. Lebih banyak serat

 Pada kulit ari ini, justru terkandung zat gizi yang pada beras putih biasanya dibuang. Pada kulit ini  banyak serat yang bermanfaat. Tak heran apabila kandungan serat  pada nasi merah dua kali lebih tinggi dibandingkan nasi putih. 

3.  Lebih banyak asam lemak esensial

Pada kulit ari terdapat kandungan asam-asam lemak esensial yang sangat bermanfaat baik untuk tumbuh kembang terutama bayi maupun anak. Kandungan zat besinya lebih tinggi dari beras putih.

4.  Kandungan Vitamun B lebih tinggi

Nasi merah memiliki kandungan thiamin atau vitamin B1 yang lebih tinggi yang sangat penting untuk metabolisme karbohidrat dan  energi. Vitamin ini juga penting untuk neurotrasmintter atau "anti-stres". Thiamin juga dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan kemampuan tubuh untuk menahan kondisi stres.

5. Lebih banyak antioksidan

Warna merah pada nasi merah sebenarnya adalah pigmen-pigmen antioksidan, seperti antocyanin.  Antioksoidan ini dapat mencegah oksidasi asam-asam lemak yang dapat memicu radikal bebas dan menyebabkan kanker. Juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol buruk di dalam darah.

6. Lebih tahan lapar

Nasi merah adalah makanan dengan indeks glikemik yang rendah sehingga dapat membantu mencegah terjadinya lonjakan gula darah dalam waktu seketika. Efeknya, konsumsi nasi merah tidak akan menyebabkan perut menjadi cepat lapar.

 


Sumber : kompashealth
Halaman :
1

Ikuti Kami