Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Lori Mora

Official Writer
1172


Larantuka, Kabupaten Flores Timur, provinsi Nusa Tenggara Timur adalah satu dari sejumlah tempat yang selalu dikerumuni banyak orang setiap kali musim Paskah. Alasannya, kota yang penduduknya mayoritas Katolik ini selalu menggelar prosesi Semana Santa (Jumat Agung) yang begitu meriah. (Baca artikel : Menikmati Kemeriahan Larantuka di Hari Paskah)

Nah, kalau kamu kebetulan juga berencana merayakan Paskah di kota ini, jangan lewatkan berkunjung ke beberapa kapel atau gereja populer di sana diantaranya:

1. Katedral Kapela Tuan Ma

Kapel ini merupakan tempat disemayamkannya Arca Tuan Ma (Bunda Maria) sepanjang tahun dan dikeluarkan saat Semana Santa untuk prosesi penyambutan Paskah. Kapel ini berlokasi di jalan utama di depan Taman Kota di Kelurahan Larantuka. Jangan heran kalau selama pekan suci, kapel ini akan ramai dengan pengunjung untuk berdoa secara pribadi.

2. Katedral Kapela Tuan Ana

Kapel Tuan Ana merupakan tempat penting dalam Semana Santa di Larantuka. Kapel ini tempat disimpannya Arca Yesus, yang bersama Tuan Ma akan diarak pengunjung mengikuti armida-armida di sepanjang rute prosesi yang ditentukan.

3. Kapela Tuan Menino

Ada juga Kapela Tuan Menino yang terletak di pantai kelurahan Sarotari, tempat disimpanya arca Tuan Menino. Kapela ini akan menjadi awal prosesi laut saat Jumat Agung dimana arca Tuan Menino diarak menuju ke Pantai Kuce di depan Istana Raja Larantuka. Kemudian melewati lautan menuju Armida Tuan Menino di Kelurahan Pohon Sirih.

4. Kapela Tuan Misericordia

Kapela Tuan Misericordia ini berlokasi di Pante Besar, di tepi jalan negara memasuki Kota Larantuka. Di kapel ini disimpan sArca Tuan Mesericordia yang akan diarak pengunjung ke Pante Besar menuju Armidanya di Pohon Sirih.

5. Kapela Tuan Berdiri

Kapela Tuan Berdiri berada di Wureh, Adonara Barat. Untuk sampai di kapela ini, peziarah menyeberangi selat Gonsalu menggunakan perahu mesin. Kapela ini merupakan tempat penyimpanan Arca Tuan Wureh atau akra disebut Tuan Berdiri.

Kapela ini terbilang sangat spesial di hati umat Katolik dan setiap Paskah tempat ini ramai dikunjungi oleh para peziarah. Sementara saat perayaan Kamis Putih, umat peziarah bersaat teduh di kapela sini bersama dengan umat Katolik setempat.

Inilah perosesi pekan suci yang setiap tahunnya dilakukan umat Katolik di kota Larantuka. Bagi kamu yang ingin sekali menyaksikan secara langsung prosesi acara demi acara, Paskah tahun ini bisa jadi kesempatan emas.

Sumber : Tribunnews.com/jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Muzammil Wh Wh 24 September 2017 - 21:42:02

Mengapa nilai nilai pancasila harus terimplementas.. more..

0 Answer

Muzammil Wh Wh 24 September 2017 - 21:38:45

Jelaskan secara singkat kekuasaan moneter

0 Answer

Muzammil Wh Wh 24 September 2017 - 21:36:34

Jelaskan secara singkat kekuasaan moneter

0 Answer


Baginda Bonifasius Hasibuan 23 September 2017 - 02:11:59
Saya mohon kpd saudara² seiman di dalam Tuhan Yes... more..

Yuriko Setiawan 20 September 2017 - 22:15:44
Shalom. Sy Yuriko & suami sy Andi Irawan di Bdg, m... more..

Daniel Sadana 17 September 2017 - 18:48:33
Shaloom, mohon bantu doa, aga rkeadaan ekonomi kam... more..

Johanes Sutanto 17 September 2017 - 17:12:06
Hallo, saya Mau request untuk pekerjaan. Bantu DO... more..

Banner Mitra Week 4


7305

Line Jawaban