Share this article :

Kenapa Ya Setiap Perayaan Paskah, 5 Ornamen Ini Pasti Bakal Selalu Ada?

 Mon April 3rd, 2017
 1176

Artikel ini ditulis oleh :

Lori Mora

Official Writer
 

Kenapa Ya Setiap Perayaan Paskah, 5 Ornamen Ini Pasti Bakal Selalu Ada? Sumber : Bocskai Rádió

Serupa dengan Natal yang identik dengan beragam ornamennya, Paskah juga punya ornamen atau simbol-simbol tertentu yang selalu hadir menghiasi perayaannya. Tapi dibalik kemeriahan itu, banyak dari kita yang mungkin nggak tahu alasan dibalik kenapa ornamen-ornamen ini harus ada setiap kali perayaan Paskah?

Berikut lima ornamen ini selalu ada dalam perayaan Paskah dan alasannya.

1. Kelinci

Kelinci paskah menjadi sangat menonjol dalam tradisi perayaan Paskah. Kalau dipikir-pikir, apa hubungannya ya antara kelinci dengan paskah? Nah buat yang belum tahu, ternyata kelinci menjadi salah satu simbol paskah yang sangat penting karena orang kuno di jaman dulu percaya kalau kelinci adalah simbol kesuburan dan kehidupan baru.

2. Telur

Kehadiran telur paskah semakin memeriahkan perayaan keagamaan ini. Karena telur dinilai sebagai simbol dari kehidupan baru setelah kebangkitan Yesus dari kematian. Namun secara Alkitabiah makna telur sama sekali tidak ada.

Namun perburuan telur di setiap paskah menjadi satu momen yang ditunggu-tunggu oleh orang-orang Kristen.

3. Pastel berwarna

Kebanyakan orang memilih untuk mewarnai pastel dengan warna-warna cerah sebagai kostum spesial di hari paskah. Warna-warna cerah yang dipilih ini ternyaat diilhami dari penilaian banyak orang bahwa warna-warna cerah melambangkan keceriaan dan kegembiraan saat menyambut hidup baru dan kebangkitan Yesus Kristus.

Meskipun di hari Jumat Agung kita semua berduka atas kematian Yesus di kayu salib, tapi di hari Minggu nya kita kembali bersukacita karena kebangkitan-Nya. Karena itulah kostum yang kita kenakan menggambarkan suasana yang ada. Misalnya, warna putih melambangkan harapan dan kemurnian. Warna emas dan kuning melambangkan terang yang merupakan Yesus itu sendiri.

4. Salib

Salib adalah simbol yang paling penting dalam perayaan ini dan hingga saat ini digunakan sebagai simbol dari kekristenan. Penyaliban Kristus lah yang membuat salib menjadi sangat populer di kalangan Kristen karena hal itu mengingatkan kita soal penderitaan Nya di kayu salib.

Simbol salib yang digunakan di hari paskah juga identik dengan proses penyiksaan yang dialami-Nya di sepanjang jalan via dolorosa sampai ke Taman Getsemani. Karena itulah di hari paskah banyak orang Kristen yang menggelar prosesi jalan salib, dimana ada seseorang yang berperan sebagai Yesus yang memikul salib besar.

5. Kubur

Setelah Yesus mati di kayu salib, Dia kemudian dimakamkan di sebuah kuburan yang berbentuk gua. Tapi di hari ketiga, Dia bangkit kembali di antara orang mati. Kubur yang kosong inilah yang mengingatkan kita bahwa Yesus mati bagi dosa-dosa manusia dan kembali bangkit untuk membuktikan bahwa Dia tidak berdosa dan yang terpenting adalah Dia menunjukkan bahwa diri-Nya adalah Allah itu sendiri.

Kehadiran ornamen-ornamen di atas seakan tak lagi terpisahkan dari paskah. Tapi tetap saja ornamen ini harusnya jangan mencuri makna paskah yang sesungguhnya yang berbicara soal karya penebusan Yesus bagi dosa-dosa manusia.

Sumber : Christianmingle.com/jawaban.com

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !


Share this article :
Yovita Anum Prihantari 19 April 2017 - 11:27:34
Kami berdoa untuk kesembuhan anak kami, Patrick 10... more..

aditya 13 April 2017 - 08:23:57
usaha saya pailit, utang banyak , tiap hari dimak... more..

William Gosal 10 April 2017 - 00:08:11
Mohon doakan supaya saya dapat memaafkan diriku at... more..

LAURENTIUS 6 April 2017 - 10:56:29
Mohon dukungan doa untuk mendapat pekerjaan..

Connect With Us


connect facebook connect twitter connect youtube connect google instagram
Memilih Pasangan yang Terbaik
Memilih Pasangan yang Terbaik
Memilih pasangan hidup bukanlah hal yang mudah tapi harus dilakukan. Ada banyak pertimbangan yang ha...